Selasa 01 Aug 2023 09:30 WIB

Siap-Siap, iPhone 15 Bakal Tampil Beda

Rumor baru memunculkan ekspektasi tentang iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple direncanakan akan menggelar ajang peluncuran iPhone pada September mendatang. Menjelang acara itu, rumor baru memunculkan ekspektasi tentang iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.
Foto: Gizchina
Apple direncanakan akan menggelar ajang peluncuran iPhone pada September mendatang. Menjelang acara itu, rumor baru memunculkan ekspektasi tentang iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple direncanakan akan menggelar ajang peluncuran iPhone pada September mendatang. Menjelang acara itu, rumor baru memunculkan ekspektasi tentang iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Menurut pengamat teknologi dari Bloomberg, Mark Gurman, iPhone 15 standar akan menggantikan notch dengan Dynamic Island, sementara iPhone 15 Pro akan memiliki bezel yang jauh lebih tipis. Adanya peningkatan kamera dan material mungkin juga menaikkan harga iPhone seri 15.IPhone 15 dan iPhone 15 Plus dilaporkan memiliki Dynamic Island, yang dirilis di model iPhone 14 Pro pada tahun lalu. 

Baca Juga

Artinya, semua model terbaru akan menyertakan notch, yang mencuri perhatian di acara iPhone Apple pada tahun lalu. IPhone 15 juga dikabarkan hadir dengan chip A16 yang sama yang mendukung iPhone 14 Pro.

Dilansir dari laman SEA Machable pada Selasa (1/8/2023), jajaran iPhone 15 kemungkinan besar menghadirkan port USB-C, bukan port lightning milik Apple. Berkat peraturan UE, maka perubahan ini tidak dapat dihindari perusahaan itu. Gurman yakin jajaran iPhone 15 akan dibuat dengan port pengisian daya universal.

Upaya Apple untuk mengurangi bezel pada perangkatnya mungkin membuat iPhone 15 Pro terlihat sangat berbeda. Gurman melaporkan teknologi tampilan baru yang disebut low-injection pressure over-molding (LIPO) akan mengurangi batas menjadi 1,5 milimeter dari 2,2 milimeter saat ini. Kedengarannya tidak banyak, tapi ukuran itu terasa ketika berbicara tentang perangkat genggam.

Desas-desus sebelumnya berbicara tentang tombol haptic solid-state alih-alih tombol yang dapat ditekan secara fisik untuk tombol daya dan volume. Kini, Gurman mengatakan tombol-tombol itu akan tetap sama, dan sebagai gantinya memberikan peningkatan pada tombol mute/ring. Ini akan menjadi tombol yang dapat disesuaikan seperti yang ada di Apple Watch, di mana pengguna dapat menetapkan berbagai fungsi, seperti mute, mode fokus, atau menyalakan senter.

Ponsel iPhone 15 Pro juga dikabarkan akan mengganti desain baja tahan karat dengan desain titanium, dan hadir dengan chip 3 nanometer yang cepat. Dengan semua fitur dan material baru yang keren ini, iPhone 15 Pro mungkin hadir dengan kenaikan harga. IPhone 14 Pro dan Pro Max masing-masing mulai dijual 999 dolar AS (sekitar Rp 15 juta) dan 1.099 dolar AS (sekitar Rp 16,5 juta). Anda bisa menyiapkan dana lebih untuk iPhone 15 Pro yang ringan, bezel tipis, dan kompatibel dengan USB-C. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement