Senin 31 Jul 2023 13:41 WIB

Gara-Gara Bug, Apple Akui Kelemahan Fitur iPhone Ini

Apple mengakui bug dalam fitur Screen Time sehingga anak-anak bebas main ponsel.

Apple mengakui adanya kelemahan pada salah satu fitur iPhone yang berfungsi mengatur waktu bermain ponsel untuk anak-anak.
Foto: dok Cnet
Apple mengakui adanya kelemahan pada salah satu fitur iPhone yang berfungsi mengatur waktu bermain ponsel untuk anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mengakui adanya kelemahan pada salah satu fitur iPhone yang berfungsi mengatur waktu bermain ponsel untuk anak-anak. Pihak Apple menyatakan bahwa bug dalam fitur Screen Time memungkinkan anak-anak untuk menggunakan iPhone mereka tanpa batasan waktu.

Sebuah bug dalam kontrol orang tua Apple Screen Time, seperti yang dicatat oleh The Wall Street Journal mengungkapkan adanya bug pada Screen Time Apple memungkinkan anak-anak untuk melewati pembatasan waktu sehari-hari yang ditetapkan orang tua mereka pada ponsel iPhone mereka. Ini berarti anak-anak bisa bermain gim dan berinteraksi dengan media sosial lebih lama dari rentang waktu yang ditetapkan orang tua.

Baca Juga

Masalahnya adalah ketika orang tua menetapkan batasan waktu untuk anak-anak mereka, perubahan tidak diambil oleh Screen Time.

Apple sendiri tegas mengakui ada bug Screen Time. "Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana pengaturan Waktu Layar tidak terduga dipulihkan. Kami menindaklanjuti laporan ini sangat serius dan kami telah, dan akan terus, membuat pembaruan untuk memperbaiki situasi," ujar seorang juru bicara Apple seperti dilansir PhoneArena, Senin (31/7/2023).

Screen Time, yang bisa ditemukan di menu Pengaturan iPhone, mengukur berapa lama seseorang menggunakan iPhone mereka setiap hari dan akan mengirimkan pemberitahuan mingguan yang memberi informasi apakah penggunaan iPhone Anda telah meningkat atau menurun.

Screen Time dirancang untuk membuat pengguna iPhone menyadari berapa lama mereka menggunakan perangkat setiap hari. Fitur ini ditambahkan pada tahun 2018 dengan rilis iOS 12 selama periode ketika kekhawatiran tentang kecanduan terhadap gawai.

Setelah mengatur Waktu Layar untuk keluarga, orang tua dapat membatasi konten yang dapat dilihat anak-anak mereka di perangkat iPhone mereka, yang dapat mereka akses melalui panggilan, FaceTime, atau pesan. Orang tua juga dapat memilih aplikasi mana yang dapat digunakan anaknya dan selama berapa jam dalam sehari.

Dengan bug yang disebutkan di atas, orang tua perlu melakukan jadwal kembali Screen Time yang telah ditetapkan karena biasanya jadwal tersebut telah kembali ke jadwal sebelumnya yang digunakan atau bahkan tidak ada batasan yang tercantum sama sekali. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement