Jumat 28 Jul 2023 12:06 WIB

Bisa Buka Tutup 200 Ribu Kali, Ini Teknologi Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5

Ada perlindungan tambahan sehingga peranti akan lebih awet.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
  Samsung baru saja merilis Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 pada helatan Samsung Galaxy Unpacked, Rabu (26/7/2023), yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan.
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Samsung baru saja merilis Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 pada helatan Samsung Galaxy Unpacked, Rabu (26/7/2023), yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Samsung baru saja merilis Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 pada helatan Samsung Galaxy Unpacked, Rabu (26/7/2023), yang dilaksanakan di Seoul, Korea Selatan. Meski ponsel lipat ini bisa dibuka-tutup hingga 200 ribu kali, pengguna tak perlu khawatir rusak. 

“Pemakaian biasa saja, tidak apa-apa. Karena ultra thin glass-nya, layer-nya sudah kita berikan perlindungan tambahan, sehingga lebih awet dibandingkan sebelumnya,” kata MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ricky Bunardi, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

Ini karena teknologi flex hinge dengan dual rail. Tujuannya agar bisa membengkokkan layar dalam secara lebih sempurna sehingga tidak patah. Karena jika ditekuk lebih dalam pasti akan ada retakan, sehingga dengan flex hinge ini dibuat layar akan dibuat membelok terlebih dulu, maka mencegah keretakan.

“Jadi, dia muter dulu, sehingga membuat layar lebih awet. Tidak perlu khawatir harus digunakan lebih hati-hati,” kata Ricky lagi. Teknologi terbaru ini juga membuat layar terlihat lebih rapat ketika layar ditutup, dan zero gap ketika layar dibuka.

Apalagi, Samsung juga telah bekerja sama dengan Bureau Veritas, untuk lebih memastikan bahwa layar ini menggunakan teknologi yang awet. Serta untuk membuktikan bahwa flex hinge ini akan melindungi layar dari kerusakan, meskipun dibuka-tutup hingga 200 ribu kali.

“Secara sertifikasi bisa sampai 200 ribu buka-tutup menurut Bureau Veritas,” kata Ricky. Lalu ada juga screen protective film, semacam tempered glass khusus ponsel lipat keluaran Samsung ini.

Untuk screen protective film ini tergantung pemakaian, karena beberapa yang sering melakukan kegiatan outdoor, ini akan lebih mudah mengelupas. Namun, Samsung memberikan garansi satu tahun untuk screen protective film, dan bisa mengganti hanya di Samsung Service Center.

“Total ada 44 service center di 29 kota yang bisa untuk mengganti screen protective film itu. Supaya hasilnya lebih ciamik lagi, lebih rapi. Karena berbeda dengan handphone biasa, ini harus ada pas buka-tutup, maka screen protector harus dibuat lebih fleksibel dan dipasang dengan cara berbeda,” papar dia.

Untuk pembelian preorder Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5, akan ada garansi screen protective film selama dua tahun. Artinya dalam rentang waktu itu, jika terjadi kerusakan bisa diganti kapan pun dan gratis.

Pemesanan saat preorder Galaxy Z Flip 5 256GB (harga Rp 16 juta) akan mendapatkan 512GB. Lalu, saat preorder Galaxy Z Fold 5 256GB (harga Rp 25 juta), akan mendapatkan 512GB. Begitu pula untuk preorder Galaxy Z Fold 5 512 GB (Rp 30 juta) akan mendapatkan 1TB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement