Kamis 27 Jul 2023 13:00 WIB

Samsung Galaxy Unpacked, Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 Dirilis

Samsung mengumumkan sejumlah pembaruan di seluruh lini di ajang Galaxy Unpacked.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung baru saja menyelesaikan acara Galaxy Unpacked keduanya tahun ini. Samsung juga mengumumkan sejumlah pembaruan di seluruh lini ponsel lipat, smartwatch Galaxy, dan tablet.
Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Samsung baru saja menyelesaikan acara Galaxy Unpacked keduanya tahun ini. Samsung juga mengumumkan sejumlah pembaruan di seluruh lini ponsel lipat, smartwatch Galaxy, dan tablet.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Samsung baru saja menyelesaikan acara Galaxy Unpacked keduanya tahun ini. Samsung juga mengumumkan sejumlah pembaruan di seluruh lini ponsel lipat, smartwatch Galaxy, dan tablet.

Jika terlewat menyaksikan Samsung Galaxy Unpacked,seperti dilansir The Verge Kamis (27/7/2023) merangkum semua pengumuman yang paling menarik dari acara yang digelar di Seoul, Korea Selatan itu.

Baca Juga

• Galaxy Z Flip 5 dengan tampilan cover yang lebih besar

Setelah berbulan-bulan kabar burung dan banyak bocoran, akhirnya Samsung mengumumkan Galaxy Z Flip 5, dan hadir dengan beberapa perubahan yang cukup besar. Hal pertama yang perlu diperhatikan tentang perangkat baru ini adalah layar penutup 3,4 inch yang jauh lebih besar, membentang dari engsel perangkat hingga kamera ganda.

Seperti yang ada di Moto Razr Plus, layar cover Flip 5 dapat menjalankan aplikasi Android lengkap. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Galaxy Z Flip 5 juga terlipat rata dan dikirimkan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang ditingkatkan.

Layar di bagian dalam tetap tidak berubah, menampilkan panel OLED 6,7 inch. Bahkan dengan layar penutup yang lebih besar, perangkat ini akan mempertahankan harga yang sama dengan Z Flip 4 yakni 999 dollar AS (Rp 15 juta).

 

• Galaxy Z Fold 5 yang lebih tipis dan ringan

Bersamaan dengan Z Flip 5, Samsung juga memamerkan Galaxy Z Fold 5 baru. Meskipun perangkat ini tidak hadir dengan banyak perubahan besar seperti Z Flip 5, Samsung masih melakukan beberapa peningkatan.

Mirip dengan Z Flip 5, Z Fold 5 juga hadir dengan chip Snapdragon 8 Gen 2 dan engsel yang diperbarui, yang memungkinkan perangkat terlipat rata saat ditutup. Itu berarti jauh lebih tipis dari pendahulunya, berukuran tebal 13,4 mm (turun dari sebelumnya 14,2 mm) saat ditutup.

Pembaruan penting lainnya termasuk peningkatan kecerahan layar bagian dalam 7,6 inch, yang sekarang berada di 1.750 nits. Terlepas dari perubahan kecil ini, perangkat ini masih diberi harga 1.799 dollar AS (Rp 27,1 juta).

 

• Galaxy Watch 6 membawa bezel kembali

Desas-desus yang selama ini beredar ternyata benar. Samsung telah secara resmi menghidupkan kembali bezel putar fisik dengan Galaxy Watch 6 Classic barunya. Jam tangan yang diperbarui ini hadir dalam ukuran 43 mm dan 47 mm yang sama dengan generasi terakhir (Watch 4 Classic), bersama dengan casing baja tahan karat.

Selain Watch 6 Classic, Samsung memamerkan Galaxy Watch 6, yang ditawarkan perusahaan dalam ukuran 40 mm dan 44 mm dengan casing aluminium. Kedua jam tangan ini menampilkan layar kristal safir dan layar yang sedikit lebih besar. Mereka juga akan dikirimkan dengan tampilan Wear OS 4 dan One UI 5 terbaru, yang menawarkan pembaruan untuk pelacakan tidur, zona detak jantung yang dipersonalisasi, panggilan SOS darurat, dan banyak lagi.

Watch 6 Classic dibanderol 399,99 dollar AS (Rp 6 juta), sedangkan Watch 6 reguler dihargai 299,99 dollar AS (Rp 4,5 juta).

 

• Trio tablet Galaxy Tab S9 terbaru

Samsung memiliki jajaran tablet baru, Galaxy Tab S9, Tab S9 Plus, dan Tab S9 Ultra. Untuk pertama kalinya, ketiga tablet itu mendapatkan layar OLED, serta peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Namun selain dari pembaruan itu dan chip Snapdragon 8 Gen 2 yang baru, tidak banyak yang berubah di sini dalam hal fitur utama.

Ukuran ketiga tablet tetap sama, dengan S9 menggunakan layar 11 inch, S9 Plus dengan layar 12,4 inch, dan Tab S9 Ultra menampilkan layar 14,6 inch. Dalam hal harga, S9 mulai dari 799,99 dollar AS (Rp 12 juta), sedangkan Tab S9 Plus adalah 999,99 dollar AS (Rp 15 juta), dan Ultra dengan harga 1.199,99 dollar AS (Rp 28 juta).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement