Selasa 11 Jul 2023 13:56 WIB

Baterai Ponsel Sering ‘Bocor’, Ini Cara Mengatasinya

Mode penghemat baterai adalah cara terbaik memperpanjang masa pakai baterai ponsel.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengisi daya baterai ponsel. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Mengisi daya baterai ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ponsel Xiaomi dikenal dengan fitur dan kinerjanya yang luar biasa. Namun, satu hal yang terkadang menjadi kelemahannya adalah daya tahan baterai.

Nah, bagi pengguna yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari baterai ponsel Xiaomi Anda, berikut ini beberapa tipsnya seperti dilansir dari Gizchina, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

1. Nonaktifkan fitur yang tidak perlu

Salah satu penguras baterai terbesar pada ponsel adalah fitur yang tidak perlu. Hal-hal seperti Bluetooth, GPS, dan NFC dapat menguras baterai jika Anda tidak menggunakannya. Jadi, pastikan untuk menonaktifkan fitur-fitur ini saat Anda tidak menggunakannya. Untuk menonaktifkan fitur, buka Pengaturan (Setting) > Pengaturan tambahan (Additional Setting)> Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan.

 

2. Aktifkan mode penghemat baterai

Mode penghemat baterai adalah cara terbaik untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Ketika pengguna mengaktifkan mode penghemat baterai, ponsel akan mengurangi kinerjanya dan membatasi aktivitas latar belakang. Hal ini dapat menghemat masa pakai baterai yang signifikan.

Untuk mengaktifkan mode penghemat baterai, buka Pengaturan > Baterai > Penghemat baterai > Aktifkan.

 

3. Gunakan mode gelap

Jika Anda memiliki layar AMOLED, menggunakan mode gelap dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Hal ini karena layar AMOLED menggunakan lebih sedikit daya untuk menampilkan piksel hitam. Jadi, jika Anda beralih ke mode gelap, Anda akan dapat menghemat masa pakai baterai.

 

4. Kurangi kecerahan layar

Cara lain untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel adalah dengan mengurangi kecerahan layar. Semakin terang layar, semakin banyak baterai yang digunakan. Jadi, jika bisa, cobalah untuk mengurangi kecerahan layar Anda ke tingkat yang nyaman. Untuk menyesuaikan kecerahan layar, usap ke bawah dari bagian atas layar dan seret penggeser kecerahan ke kiri.

 

5. Perbarui software ponsel

Xiaomi secara terus-menerus merilis pembaruan software MIUI untuk ponselnya. Pembaruan ini sering kali menyertakan pengoptimalan baterai yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai ponsel Anda. Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui software ponsel. Untuk memeriksa pembaruan software, buka Pengaturan > Tentang ponsel > Versi MIUI > Periksa pembaruan.

 

6. Gunakan power bank

Jika Anda merasa baterai ponsel masih kurang tahan lama, Anda bisa menggunakan power bank. Power bank adalah pengisi daya portabel yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel.

 

7. Batasi aplikasi latar belakang

Secara default, ponsel Xiaomi mengizinkan aplikasi berjalan di latar belakang meskipun Anda tidak menggunakannya. Hal ini dapat menguras baterai. Jadi, sebaiknya batasi aktivitas aplikasi latar belakang. Untuk membatasi aktivitas aplikasi latar belakang, buka Pengaturan > Baterai > Pengoptimalan baterai > Pilih aplikasi yang ingin Anda optimalkan > Optimalkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement