Selasa 13 Jun 2023 01:36 WIB

Bingung Ponsel Android Terbaik? Cek Faktor Ini Dulu

Performa ponsel termasuk dalam faktor pertimbangan saat memilih ponsel android.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat memilih ponsel Android yang terbaik, ada beberapa faktor penting yang perlu menjadi pertimbangan/ilustrasi.
Foto: REUTERS/Lu Liang
Saat memilih ponsel Android yang terbaik, ada beberapa faktor penting yang perlu menjadi pertimbangan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat memilih ponsel Android yang terbaik, ada beberapa faktor penting yang perlu menjadi pertimbangan. Salah satu di antaranya adalah performa ponsel. Performa ponsel Android sebaiknya tak hanya dinilai berdasarkan benchmark atau metrik lainnya, tetapi juga berdasarkan responsiveness atau daya tanggapnya.

Seperti dilansir Engadget, Senin (12/6/2023), faktor penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan adalah display dan desain. Untuk display, panel OLED lebih direkomendasikan karena dapat menghadirkan warna yang kaya dan tersaturasi, dengan tingkat kecerahan setidaknya 600 nits. Layar dengan refresh rate 90 Hz atau 120 Hz bisa menambah kelancaran dan fluiditas layar.

Baca Juga

Sedangkan untuk desain, tiap konsumen mungkin memiliki preferensi masing-masing. Namun akan lebih baik bila ponsel Android yang dipilih tak hanya memiliki tampilan luar yang cantik, tetapi juga memiliki aspek desain lain. Beberapa di antaranya adalah desain anti debu dan air, memiliki layar dengan tingkat ketahanan yang baik, atau memiliki fitur penunjang seperti wireless charging dan power sharing.

Pertimbangkan pula kondisi kamera saat akan membeli ponsel Android. Pastikan kamera pada ponsel dapat menghasilkan foto tajam dan penuh warna, baik saat diambil dalam kondisi terang atau minim cahaya.

Selain itu, kamera juga sebaiknya dapat merekam video dengan dynamic range yang tinggi, kualitas suara yang baik, serta stabil. Akan lebih baik bila ponsel memiliki kamera ekstra untuk pengambilan foto ultra wide atau memiliki lensa pembesar. Beragam fitur lain, seperti mode malam hingga timelapse bisa menjadi poin tambahan saat memilih ponsel Android.

Faktor lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah baterai dan perangkat lunak pada ponsel. Pilih ponsel dengan baterai yang bisa bekerja dalam waktu lebih panjang dan ditunjang dengan pembaruan perangkat lunak, setidaknya untuk tiga tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement