Senin 12 Jun 2023 14:35 WIB

Ini Daftar Ponsel Android Terbaik di 2023

Ada lima ponsel Android terbaik untuk kategori harga yang berbeda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung Galaxy S23 Ultra masuk dalam daftar ponsel premium android terbaik.
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Samsung Galaxy S23 Ultra masuk dalam daftar ponsel premium android terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Berbeda dengan pasar ponsel iOS yang hanya "dimainkan" oleh Apple, pasar Android menghadirkan banyak pilihan ponsel pintar dari berbagai produsen. Pilihan yang sangat beragam ini memungkinkan konsumen untuk memilih ponsel terbaik dari berbagai rentang harga.

Berdasarkan sejumlah faktor pertimbangan ini, Engadget memilih 5 ponsel Android terbaik untuk masing-masing kategori harga. Berikut ini adalah kelima ponsel tersebut.

Baca Juga

Ponsel Terbaik Secara Keseluruhan: Google Pixel 7 Pro

Ponsel Pixel 7 Pro mungkin bukan ponsel Android yang tercepat. Akan tetapi, kelemahan pada performa Pixel 7 Pro terbayarkan oleh perangkat lunak yang disematkan dalam ponsel ini. Berkat chip Tensor G2, rangkaian seri Pixel 7, termasuk Pixel 7 Pro, memiliki fitur kecerdasan buatan yang kuat serta kemampuan machine learning yang prima.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan display OLED dan kamera dengan kualitas terbaik di antara beragam ponsel pintar yang ada saat ini. Selain itu, Pixel 7 Pro memiliki harga yang sepadan dengan kualitas serta performa yang ditawarkan, yaitu mulai dari 899 dolar AS atau Rp 13,4 juta.

Untuk harga yang lebih terjangkau, Pixel 7 standar bisa menjadi pilihan dengan kisaran harga 599 dolar AS atau sekitar Rp 8,9 juta. Perbedaan mendasar pada Pixel 7 dan Pixel 7 Pro terletak pada ukuran layar dan fitur pada kamera belakang. Pixel 7 Pro memiliki layar yang lebih lebar dan kamera belakang ketiga dengan 5X optical zoom.

 

Ponsel Menengah Android Terbaik: OnePlus 11

OnePlus 11 merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang menginginkan ponsel dengan layar besar, kamera prima, dan performa optimal namun dengan posisi sedikit di bawah ponsel premium. Bisa dikatakan, OnePlus 11 merupakan versi terjangkau dari Samsung Galaxy S23+.

Selain memiliki display 6,7 inci dan refresh rate 120 Hz, OnePlus 11 juga memiliki performa cepat berkat chip Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, OnePlus 11 memiliki baterai 5.000 mAH dan mampu menunjang pengisian daya 100 watt yang lebih cepat daripada ponsel Google atau Samsung.

Untuk kamera, ponsel OnePlus 11 didukung oleh Hasselblad sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih baik. Yang menjadi kekurangan ponsel ini adalah rating IP64-nya untuk ketahanan debu dan air.

 

Ponsel Android Terbaik dari Segi Harga: Google Pixel 7a

Dibanderol dengan harga 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,4 juta, Google Pixel 7a merupakan pilihan terbaik untuk ponsel dengan harga terjangkau. Ponsel ini telah dilengkapi chip Tensor G2 yang cepat dan display 90 Hz yang mampu menghasilkan gambar lebih halus.

Ponsel ini telah didukung oleh fitur wireless charging dengan ketahanan air IP67. Dengan beragam keunggulan ini, Pixel 7a tampak tak jauh berbeda dengan Pixel 7 namun memiliki harga yang lebih murah.

Kekurangan dari ponsel ini adalah ukurannya yang lebih kecil dan tidak memiliki lensa pembesar pada kamera. Selain itu, ponsel ini juga belum mendukung mmWave 5G.

 

Ponsel Premium Android Terbaik: Samsung Galaxy S23 Ultra

Dari segi harga, Galaxy S23 Ultra dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu mulai dari Rp 20 juta. Meski begitu, ponsel ini menawarkan semua hal yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna ponsel pintar.

Dari segi layar, Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan layar OLED 5,8 inci dengan refresh rate adaptif 120 Hz. Selain itu, ada total lima kamera yang ditanamkan dalam Galaxy S23 Ultra untuk kamera utama, ultra wide, 3x zoom, 10x zoom, dan selfie shooter.

Galaxy 23 Ultra pun memiliki built-in S Pen untuk membantu pengguna menggambar atau menulis catatan. Ponsel ini juga memiliki baterai 5.000 mAh dengan runtime paling panjang di antara berbagai ponsel pintar yang ada saat ini.

Samsung juga menunjukkan komitmen pembaruan perangkat lunak untuk Galaxy S23 Ultra. Ponsel ini setidaknya akan mendapatkan empat pembaruan besar untuk sistem operasi dan lima tahun untuk keamanan.

 

Ponsel Lipat Android Terbaik: Samsung Galaxy Z Fold 4

Ponsel Galaxy Z Fold 4 bisa menawarkan tiga pengalaman menggunakan ponsel yang berbeda bagi penggunanya. Bila ingin memberikan respons cepat saat berkirim pesan, pengguna bisa memanfaatkan exterior cover screen pada ponsel ini yang memiliki ukuran 6,2 inci.

Di sisi lain, pengguna yang ingin menonton film atau bermain gim bisa membuka lipatan ponsel untuk mendapatkan layar yang lebih lebar, yaitu 7,8 inci. Sebagai ponsel lipat, ukuran Galaxy Z Fold 4 juga sangat kompak.

Ponsel ini turut mendukung penggunaan stylus dan memiliki display OLED yang dapat menunjang kegiatan membaca dengan sangat nyaman. Tak hanya itu, ponsel lipat ini memiliki rating IP68 untuk ketahanan debu dan air, berbeda dari ponsel lipat non Samsung. Ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 26,7 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement