Senin 05 Jun 2023 15:26 WIB

Android 14 Diprediksi Miliki Fitur Kesehatan Baterai

Google cukup konsisten dalam memperbaiki Android.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur Battery Health disebut-sebut akan hadir dalam Android 14/ Ilustrasi.
Foto: EPA
Fitur Battery Health disebut-sebut akan hadir dalam Android 14/ Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Battery Health merupakan salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh iOS 11.3. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui kapan ponsel mereka membutuhkan penggantian baterai. Fitur serupa diprediksi akan hadir dalam Android 14.

Mulanya, fitur baru terkait kesehatan baterai ini disebut tak akan muncul dalam Android 14. Akan tetapi, sumber terpercaya menyebutkan Android 14 mungkin akan memiliki fitur kesehatan baterai yang baru.

Baca Juga

Mantan pemimpin redaksi XDA-Developers, Mishaal Rahman, mengungkapkan bahwa Google telah menambahkan sejumlah Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) baru untuk fitur BatteryManager pada Android 14 versi Beta. Dua API baru di antaranya bersifat publik dan berguna untuk menyediakan informasi mengenai jumlah siklus serta status pengisian daya baterai.

Beberapa API baru lainnya merupakan sistem API yang menampilkan tanggal produksi, tanggal awal penggunaan, aturan pengisian daya, serta kondisi kesehatan baterai. Seperti dilansir GizChina  Senin (5/6/2023), saat ini beragam API baru tersebut hanya tersedia pada gawai Pixel yang memiliki sistem operasi Android 14 Beta 2 atau lebih tinggi.

Menyusul temuan baru ini, pengembang Narekd mengembangkan aplikasi Batt yang bisa memanfaatkan API baru pada Android 14 versi Beta tersebut. Hal ini memungkinkan aplikasi Batt untuk menampilkan kondisi kesehatan baterai dan siklus pengisian daya baterai. Aplikasi Batt saat ini sudah tersedia dari GitLab dan siap untuk dites pada ponsel-ponsel yang memiliki Android 14 Beta terbaru.

Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi Batt mungkin belum benar-benar menampilkan informasi yang akurat saat ini. Aplikasi Batt hanya membagikan informasi yang diberikan API dan statistik tersebut bergantung pada informasi di trek pengisian daya IC. Informasi yang muncul juga masih bergantung pada kemampuan Hardware Abstraction Layer dalam mendukung fitur tersebut.

Untuk saat ini, belum ada pernyataan yang mengonfirmasi kehadiran fitur kesehatan baterai baru pada Android 14. Akan tetapi, pengguna boleh berharap karena sejauh ini Google cukup konsisten dalam memperbaiki Android dan membuatnya jadi opsi yang lebih menarik dibandingkan iOS.

Rumor-rumor lain juga mengindikasikan adanya beberapa fitur baru menarik yang akan disematkan pada Android 14. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjadikan ponsel mereka sebagai webcam. Fitur Screen Recording atau perekaman layar juga kemungkinan akan lebih ditingkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement