Selasa 30 May 2023 15:46 WIB

Microsoft Hadirkan Widget Bing Chat di Android, Ini Cara Pakainya

Pengguna Android bisa mengakses layanan Bing Chat dengan lebih cepat dan mudah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft Bing baru saja meluncurkan widget Bing Chat untuk pengguna Android. Dengan widget ini, pengguna Android bisa mengakses layanan Bing Chat dengan lebih cepat dan mudah.
Foto: dok Microsoft
Microsoft Bing baru saja meluncurkan widget Bing Chat untuk pengguna Android. Dengan widget ini, pengguna Android bisa mengakses layanan Bing Chat dengan lebih cepat dan mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft Bing baru saja meluncurkan widget Bing Chat untuk pengguna Android. Dengan widget ini, pengguna Android bisa mengakses layanan Bing Chat dengan lebih cepat dan mudah.

Kehadiran widget Bing Chat untuk gawai Android ini menjadi pengumuman terkait AI paling baru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Selama penyelenggaraan Microsoft Build 2023, Microsoft telah membuat serangkaian pengumuman terkait AI.

Baca Juga

Beberapa di antaranya adalah menghadirkan Bing ke dalam ChatGPT milik OpenAI. Kolaborasi ini memungkinkan ChatGPT untuk memberikan jawaban yang lebih cepat dan terkini.

Melalui unggahan terbarunya, Microsoft Bing mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan widget Bing Chat baru untuk gawai Android. Pembaruan ini memungkinkan para pengguna gawai Android untuk menaruh widget Bing Chat pada layar Home dan mengakses Bing Chat lebih cepat.

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh para pengguna Android tentu mengunduh aplikasi Bing Chat terlebih dahulu. Aplikasi Bing Chat bisa diunduh dengan mudah melalui Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi Bing Chat, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menambahkan widget ke layar Home di ponsel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, seperti dilansir GadgetsNow.

1. Buka layar Home atau Home screen, posisikan jari pada area layar yang kosong dan tekan cukup lama.

2. Pilih opsi 'Widgets' lalu pilih aplikasi 'Bing'. Selanjutnya, pilih widget Bing Chat yang diinginkan. Tekan lama pada widget tersebut sampai layar kembali ke Home screen.

3. Geser widget Bing Chat ke berbagai lokasi yang diinginkan dengan menggunakan jari.

Ukuran widget Bing Chat pada layar Home screen juga bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Berikut ini adalah langkah untuk mengatur ukuran widget.

1. Sentuh widget pada Home screen dan tahan cukup lama.

2. Garis outline atau kotak akan muncul pada widget yang ukurannya bisa diubah. Ukuran widget dapat diubah dengan menggeser-geser dot yang muncul pada outline.

3. Setelah mendapatkan ukuran yang diinginkan, tap jari pada area kosong di luar widget.

Berdasarkan pantauan Republika, aplikasi Bing menawarkan 12 macam model widget yang bisa digunakan pada gawai Android. Sebagian model widget tersebut menampilkan bar pencarian beserta dengan tombol Bing Chat, informasi cuaca, serta berita terkini.

Selain widget Bing Chat, Microsoft juga telah merilis sejumlah fitur yang bisa digunakan pada ponsel pintar Android dan iOS. Berikut ini adalah fitur-fitur tersebut:

1. Membuat pesan di SwiftKey: Fitur Compose di SwiftKey bekerja seperti fitur Compose pada sidebar Edge. Fitur ini mampu menghasilkan tulisan untuk pengguna berdasarkan parameter yang mereka pilih, seperti subjek, gaya penulisan, format, dan panjang pesan. Microsoft juga menghadirkan dua gaya penulisan baru seperti 'humor cerdas' dan 'lucu'.

2. Penerjemah di SwiftKey: Microsoft telah merilis penerjemah berbasis AI pada keyboard SwiftKey. Penerjemahan ini menunjang semua bahasa yang digunakan dalam Bing Chat. Fitur penerjemah ini sebelumnya hanya ada di Android, namun kini telah tersedia di iOS.

3. Dukungan Data Olahraga: Microsoft juga menghadirkan dukungan data terkait olahraga pada Bing Chat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menanyakan skor suatu pertandingan olahraga dan mendapatkan jawaban yang lebih baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement