Kamis 25 May 2023 19:20 WIB

Microsoft Pamerkan Asisten Windows Berbasis AI Baru

Windows Copilot juga bisa bekerja beriringan dengan Bing.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft baru saja memperkenalkan Windows Copilot untuk Windows 11. Windows Copilot merupakan asisten berbasis kecerdasan buatan atau AI yang dirancang untuk bisa bekerja lintas aplikasi.
Foto: AP Photo Ted S. Warren, File
Microsoft baru saja memperkenalkan Windows Copilot untuk Windows 11. Windows Copilot merupakan asisten berbasis kecerdasan buatan atau AI yang dirancang untuk bisa bekerja lintas aplikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft baru saja memperkenalkan Windows Copilot untuk Windows 11. Windows Copilot merupakan asisten berbasis kecerdasan buatan atau AI yang dirancang untuk bisa bekerja lintas aplikasi.

Windows Copilot akan berperan sebagai "asisten pribadi" para pengguna saat menggunakan berbagai aplikasi hingga layanan dari Microsoft. Pratinjau Windows Copilot bisa diakses oleh pengguna Windows per 11 Juni mendatang.

Baca Juga

Karena mampu bekerja lintas aplikasi, Windows Copilot memiliki kemampuan yang sangat beragam. Seperti dilansir Mashable, salah satu kemampuan Windows Copilot adalah meregenerasi rangkuman atau revisi untuk konten yang dibuat oleh pengguna.

Windows Copilot juga bisa bekerja beriringan dengan AI chatbot dari Microsoft, yaitu Bing Chat, untuk mendapatkan beragam informasi hingga menjawab pertanyaan dari pengguna. Sebagai contoh, memberikan informasi seputar ketersediaan jadwal penerbangan ke suatu lokasi.

Windows Copilot juga tampak mereplikasi banyak fungsi dari asisten AI milik Microsoft sebelumnya, Cortana. Akan tetapi, Windows Copilot memiliki fitur produktivitas yang lebih baik dan mampu melakukan beragam tugas sekaligus memberikan informasi.

Sebelumnya, Microsoft telah menutup aplikasi mobile Cortana pada 2021. Microsoft juga sudah memperkecil peran Cortana dalam Windows 11.

Selain itu, Microsoft telah memperkenalkan Copilot untuk Microsoft 365 per Maret lalu. Copilot Microsoft 365 ini memiliki kemampuan untuk membuatkan draf tulisan awal melalui Word atau membuat presentasi hanya dengan satu perintah.

Dalam waktu dekat, Copilot tak hanya terbatas pada aplikasi Microsoft 365 saja. Dengan Windows Copilot, pengguna bisa mendapatkan bantuan dari Copilot di berbagai aplikasi hingga layanan dalam sistem operasi Windows 11.

Microsoft juga membuat pengumuman terkait Microsoft Store pada Windows. Menurut Microsoft, Microsoft Store ini akan dipenetrasi oleh AI. Nantinya, akan ada satu section terkurasi pada Microsoft Store yang didedikasikan untuk produk AI dan ulasan pelanggan. Section ini akan dikurasi langsung oleh AI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement