Rabu 24 May 2023 17:05 WIB

Langkah Microsoft Hadirkan AI Generatif ke Windows

Lebih dari 400 aplikasi dan gim Windows telah memakai teknologi AI.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Teknologi kecerdasan buatan (AI) akan menjadi penggerak inovasi terbesar bagi pelanggan Windows di tahun-tahun mendatang./ilustrasi
Foto: AP Photo Ted S. Warren, File
Teknologi kecerdasan buatan (AI) akan menjadi penggerak inovasi terbesar bagi pelanggan Windows di tahun-tahun mendatang./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Konferensi pengembang Microsoft Build, Nvidia, dan Microsoft pada Selasa (23/5/2023), memamerkan serangkaian kemajuan pada PC dan workstation Windows 11 dengan GPU Nvidia RTX. Menurut mereka, hal tersebut akan memenuhi tuntutan kecerdasan buatan (AI) generatif.

Seperti yang kita ketahui, lebih dari 400 aplikasi dan gim Windows telah menerapkan teknologi AI, dipercepat oleh prosesor khusus pada GPU RTX yang disebut Tensor Cores.

Baca Juga

Pengumuman pada Selasa (23/5/2023) ini membahas peluncuran alat untuk mengembangkan AI pada PC Windows, dan kerangka kerja untuk mengoptimalkan dan menerapkan AI. Harapannya adalah untuk meningkatkan kinerja driver dan peningkatan efisiensi, yang akan memberdayakan pengembang untuk membangun aplikasi Windows generasi berikutnya dengan AI generatif sebagai intinya.

Pavan Davuluri, corporate vice president dari Windows Silicon and System Integration di Microsoft, mengatakan bahwa AI akan menjadi penggerak inovasi terbesar bagi pelanggan Windows pada tahun-tahun mendatang.

“Dengan bekerja sama dengan Nvidia dalam pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak, kami membekali pengembang dengan pengalaman transformatif, berkinerja tinggi, dan mudah diterapkan,” kata Davuluri, dilansir dari Laptop Mag, Rabu (24/5/2023).

Berkat semua kekuatan dan kinerja yang diberikan oleh GPU Nvidia RTX dengan RAM hingga 48GB di workstation, pengembang sekarang dapat bekerja pada model AI di Windows daripada metode pertama Linux yang lebih lama. Ini memungkinkan penyempurnaan dan pengoptimalan tepat di dalam lingkungan OS Windows.

Suraj Raghuraman, kepala pengembangan mesin AI di Topaz Labs, menyatakan pengembang top seperti Adobe, DxO, ON1, dan Topaz sudah mulai menggunakan teknologi AI Nvidia.

"Pekerjaan ekstensif kami dengan Nvidia telah menghasilkan peningkatan di seluruh rangkaian aplikasi pengeditan foto dan video kami. Dengan GPU RTX, kinerja AI telah meningkat secara drastis, meningkatkan pengalaman untuk pengguna di PC Windows,” ujar Raghuraman.

Nvidia dan Microsoft menyediakan beberapa sumber daya bagi pengembang untuk menguji drive model AI generatif teratas di PC Windows. Versi bahasa besar Dolly 2.0 yang dioptimalkan oleh Olive tersedia di Hugging Face. Versi yang dioptimalkan untuk PC dari model bahasa besar Nvidia NeMo untuk AI percakapan juga akan segera hadir di Hugging Face

Pengembang juga dapat mempelajari cara mengoptimalkan aplikasi mereka dari ujung ke ujung untuk memanfaatkan sepenuhnya akselerasi GPU melalui Nvidia AI untuk mempercepat situs pengembang aplikasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement