Selasa 02 May 2023 05:00 WIB

Jadi Hobi Baru Mark Zuckerberg, Apa Itu Teknik Cetak Baju 3D?

Mark Zuckerberg sudah belajar menjahit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg bersama istrinya dan kedua putrinya.
Foto: AP
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg bersama istrinya dan kedua putrinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Facebook Mark Zuckerberg belum lama ini tampak sedang menekuni hobi baru, yakni membuat gaun dengan cetak 3D. Gaun tersebut lalu ia coba pakaikan ke anaknya. Tak hanya itu, ia juga mengaku telah belajar menjahit.

Dalam serangkaian postingan Instagram yang diunggah pada Ahad (30/4/2023) pagi lalu, Zuckerberg membagikan foto putrinya yang mengenakan kreasi inovatifnya. Pada beberapa slide, foto berfokus pada berbagai pola, warna, dan desain gaun yang dikenakan putrinya.

Baca Juga

Sementara itu, slide terakhir menampilkan foto putrinya secara penuh yang sedang berdiri mengenakan rok hijau dan atasan putih.

"Saya memiliki hasrat untuk membuat sesuatu dan belum lama ini saya mulai merancang dan mencetak gaun 3D bersama anak gadis saya. Ini beberapa proyek saya dari bulan lalu… (dan ya, saya harus belajar menjahit)," tulis Zuckerberg, seperti dikutip dari Indian Express, Senin (1/5/2023).

Postingan Zuckerberg mendapat beragam komentar. Pengusaha teknologi Eva Chen berkomentar tentang gaun yang dibuat Zuckerberg cocok untuk acara Met Gala.

Sejumlah followers juga penasaran dengan jenis printer yang digunakan Zuckerberg untuk membuat desain inovatif tersebut. Ada pula yang ingin tahu tentang bahan-bahan pembuatannya.

Seorang warganet menganggap gaun itu mirip dengan minidress berpayet chainmail merek Prada. Sedangkan yang lainnya berkomentar bahwa itu terlihat seperti gaun paling tidak nyaman yang pernah dibuat.

Teknik cetak 3D adalah proses pencetakan yang menggunakan desain berbantuan komputer (CAD) untuk membuat lapisan objek. Teknik ini juga dikenal sebagai manufaktur aditif, dapat dilakukan melalui berbagai teknik di mana material disimpan, digabungkan atau dipadatkan di bawah kendali komputer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement