Kamis 13 Apr 2023 13:35 WIB

Jangan Telat Update iPhone Anda, Ini Akibatnya

Pengguna iPhone didesak memperbarui ponsel mereka ke versi iOS terbaru secepatnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pembaruan yang akan datang tampaknya berfokus pada iPhone yang menjalankan iOS 11.2.6 atau lebih lama, dan yang penggunanya tidak dapat menggunakan perangkat lunak utama.
Foto: Gizchina
Pembaruan yang akan datang tampaknya berfokus pada iPhone yang menjalankan iOS 11.2.6 atau lebih lama, dan yang penggunanya tidak dapat menggunakan perangkat lunak utama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menurut spesialis Apple, pembaruan iPhone terjadwal kemungkinan akan menyebabkan beberapa masalah bagi pengguna perangkat tertentu. Pengguna iPhone didesak untuk memperbarui ponsel mereka ke versi iOS terbaru secepatnya.

Dilansir GIZ China pada Kamis (13/4/2023), jika pengguna gagal memperbarui, mereka dapat berisiko kehilangan akses ke ponsel di masa mendatang. Itu karena versi iOS yang lebih lama akan kehilangan fungsi penting utama, seperti akses ke Maps untuk menavigasi kota mereka, Siri untuk kontrol suara ponsel mereka, App Store untuk aplikasi penting, dan banyak lagi.

Baca Juga

Pembaruan yang akan datang tampaknya berfokus pada iPhone yang menjalankan iOS 11.2.6 atau lebih lama, dan yang penggunanya tidak dapat menggunakan perangkat lunak utama. Perangkat iPhone 5 dan yang lebih lama akan terpengaruh. Namun, bahkan orang yang menggunakan iPhone 7 juga berisiko terpengaruh jika perangkat lunak sistem mereka belum diperbarui.

Orang dalam Apple @StellaFudge mencuit tentang langkah tersebut. “Pada awal Mei, akses ke layanan Apple, dengan pengecualian iCloud, akan berhenti berfungsi pada perangkat yang menjalankan iOS 11-11.2.6 (…) Anda kemungkinan akan menerima pemberitahuan yang meminta Anda untuk memperbarui,” tulis Fudge dalam cuitan yang sudah dilihat oleh jutaan orang.

Jika Anda tidak mendapatkan notifikasi yang meminta untuk memperbarui iPhone, Anda dapat melakukannya sendiri dengan cepat. Gunakan aplikasi Settings di ponsel Anda. Cukup buka Home Screen iPhone Anda, tekan ikon aplikasi Settings, dan pilih General> Software Update. Untuk memperbarui iPhone Anda, cukup ikuti petunjuk di layar setelah mencolokkan pengisi daya dan menyalakan Wi-Fi.

IPhone 7 dapat diperbarui ke iOS 15 untuk memanfaatkan fitur dan peningkatan keamanan baru. Namun perlu diketahui bahwa iPhone 7 tidak mendukung iOS 16. Saat ini, belum ada komentar langsung dari Apple terkait rumor tersebut. Namun, perusahaan teknologi tersebut baru-baru ini merilis pembaruan di situs bantuannya yang dapat mengonfirmasi laporan itu.

Dalam pembaruan, Apple mengonfirmasi bahwa beberapa versi perangkat lunak lama tidak akan berfungsi dengan beberapa layanan Apple. Perusahaan juga menyarankan pengguna untuk memperbarui perangkat mereka sehingga mereka dapat terus menggunakan layanan tersebut. “Beberapa versi perangkat lunak lama tidak lagi mendukung Apple Services seperti App Store, Siri, dan Maps. Perbarui perangkat lunak Anda ke versi terbaru yang tersedia untuk terus menggunakan layanan ini,” kata Apple. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement