Rabu 12 Apr 2023 10:45 WIB

Ini Alasan Galaxy S24 Diprediksi Bisa Lampaui iPhone 15

Galaxy S24 diprediksi bisa melampaui performa iPhone 15 dengan satu syarat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Produk Samsung Galaxy S24 diprediksi bisa melampaui performa iPhone 15 bila dilengkapi dengan perbaruan GPU./ilustrasi.
Foto: Samsung
Produk Samsung Galaxy S24 diprediksi bisa melampaui performa iPhone 15 bila dilengkapi dengan perbaruan GPU./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Meski seri Samsung Galaxy S23 baru diluncurkan beberapa bulan lalu, rumor mengenai seri ponsel flagship Samsung berikutnya, yaitu Galaxy S24, mulai bermunculan. Galaxy S24 diprediksi bisa melampaui performa iPhone 15 bila dilengkapi dengan perbaruan GPU.

Menurut sumber dekat, Samsung memutuskan untuk tetap menggunakan CPU Qualcomm untuk seri-seri ponsel flagship mereka berikutnya. Seperti Galaxy S23, Galaxy S24 kemungkinan akan dimotori oleh Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, dengan beberapa perubahan kecil yang dilakukan oleh Samsung untuk meningkatkan performanya.

Baca Juga

Snapdragon 8 Gen 3 diprediksi akan dilengkapi dengan Adreno 750 GPU. Graphics Processing Units ini diketahui 50 persen lebih kuat dibandingkan dengan Adreno 740 GPU yang digunakan dalam Samsung Galaxy S23.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 3 juga akan memiliki dua core serta arsitektur yang lebih seimbang untuk mengoptimalkan manajemen dayanya. Dengan perbaikan ini, Snapdragon 8 Gen 3 bisa menghadirkan performa keseluruhan yang lebih baik. 

Seperti dikutip dari GizChina, Rabu (12/4/2023), bila rumor ini benar, Samsung Galaxy S24 bisa menjadi pesaing tangguh di pasar ponsel pintar. Alasannya, Samsung Galaxy S23 sudah berhasil hampir menyamai prosesor Apple A16. Selain itu, peningkatan performa GPU 50 persen lebih tinggi akan membuat Snapdragon 8 Gen 3 menjadi lebih unggul dibandingkan dengan CPU yang mungkin akan digunakan dalam iPhone 15, yaitu Apple A17.

Tentu masih terlalu dini untuk memastikan kejutan apa saja yang akan dihadirkan oleh Samsung dalam seri Galaxy S24. Namun, jelas terlihat bahwa Samsung akan menghadirkan Galaxy S24 sebagai penerus S23 yang layak.

Belum lama ini, Samsung juga dirumorkan sedang mengembangkan CPU Exynos 2500. CPU ini mungkin akan digunakan pada seri premium berikutnya yaitu Samsung Galaxy S25. CPU Exynos 2500 akan lebih berfokus pada perbaikan efisiensi, alih-alih peningkatan performa.

Samsung pun dikabarkan sedang bekerja mengoptimalkan GPU AMD Radeon agar bisa lebih sesuai untuk ponsel pintar. Tujuannya adalah untuk menciptakan CPU yang tak hanya kuat tapi juga efisien dan mampu memberikan pengalaman yang sangat baik bagi pengguna. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement