Rabu 15 Mar 2023 17:01 WIB

Lenovo Rilis Laptop ThinkPad Z Series Berbahan Daur Ulang

Produk Thinkpad Z13 dan Z16 menggunakan recycle aluminium sebesar 75 persen.

Lenovo Thinkpad Z16
Foto: Lenovo
Lenovo Thinkpad Z16

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lenovo resmi memperkenalkan seri terbaru ThinkPad, yakni Z13 dan Z16 dengan tampilan baru. Thinkpad ini menggunakan bahan-bahan daur ulang.

"Pada saat kita meluncurkan produk ini, kita memberikan fokus ke arah sustainability. Gimana cara kita mengurangi dampak produk kita terhadap lingkungan. Tapi tanpa mengorbankan fungsionalitas dari produk kita sendiri. Sebagai contohnya ThinkPad Z13 itu menggunakan vegan leather," kata Commercial Notebook 4P + T1 Manager, Lenovo Indonesia, Benny Effendi saat dijumpai di Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Dengan menggunakan bahan daur ulang, produk diklaim tahan lama dan antinoda. Produk menggunakan recycle aluminium sebesar 75 persen.

ThinkPad Z series dibangun dengan bahan aluminium daur ulang berwarna abu-abu arktik, hitam, dan juga ada yang hadir dengan material kulit vegan berwarna hitam yang bisa didaur ulang.

 

Upaya keberlanjutan ini meluas pada bentuk kemasan yang terbuat dari 100 persen bambu dan tebu yang bisa didaur ulang dan dapat dikomposkan, serta adaptor daya AC yang menggunakan 90 persen Post-Consumer Content (PCC).

Selebritassekaligus aktivis lingkungan hidup Hamish Daud yang juga hadir dalam acara peluncuran Lenovo ThinkPad Z Series mengungkapkan bahwa dengan hadirnya produk seperti ini, masyarakat dapat semakin memahami konsep daur ulang.

"So exciting to see Lenovo sudah ke arah situ (keberlanjutan) sekarang. Sustainable living, recycling, ini masih cukup baru untuk masyarakat. Beberapa tahun ini orang baru sadar dengan konsep recycling," kata Hamish yang juga Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Co-Founder Octopus, aplikasi yang membantu masyarakat mengelola sampah.

"Dengan Lenovo bikin recycable ThinkPad dan items yang dapat dipakai seperti ini, saya rasa ini sebuah terobosan. Ini juga membantu untuk changing behavior. Nggak cuma jual produk, servis, kita juga mengajak masyarakat untuk mengubah perilaku," imbuhnya.

Tak hanya desain yang menggunakan daur ulang, ThinkPad Z13 dan Z16 juga didukung oleh the Next-Gen AMD Ryzen PRO Processors untuk mobile dan akan menampilkan prosesor keamanan Microsoft Pluton untuk keamanan yang kuat dari chip hingga cloud di PC Windows 11. Prosesor keamanan Microsoft Pluton pun dirancang dan diperbarui oleh Microsoft dan memperkuat PC Windows 11 yang baru dengan perlindungan untuk identitas pengguna, data dan aplikasi.

Tak hanya itu, ThinkPad Z13 dan Z16 pun akan menjadi salah satu laptop pertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen PRO 6000 Series. 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement