Senin 26 Feb 2024 13:26 WIB

Project Crystal Lenovo, Laptop Pertama di Dunia dengan Layar MicroLED Transparan

Laptop layar transparan saat ini masih dalam eksplorasi oleh divisi Thinkpad.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Project Crystal Lenovo, laptop pertama dengan layar transparan.
Foto: Lenovo Storyhub
Project Crystal Lenovo, laptop pertama dengan layar transparan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jarang sekali ditemukan perangkat yang terlihat seperti berasal dari lokasi syuting film. Namun Project Crystal dari Lenovo, yang konon merupakan laptop pertama di dunia dengan layar microLED transparan, adalah contoh fiksi ilmiah yang menjadi kenyataan. 

Saat ini belum ada rencana untuk mengubah Project Crystal menjadi produk ritel. Sebaliknya, perangkat konsep terbaru Lenovo ini diserahkan pada divisi ThinkPad untuk mengeksplorasi potensi panel microLED transparan dan integrasi AI.

Baca Juga

Kasus penggunaan yang paling jelas adalah berbagi informasi di suatu tempat, seperti kantor dokter atau meja hotel. Alih-alih membalik layar, pengguna cukup membalikkan tampilan melalui perangkat lunak, sehingga siapa pun di sisi lain dapat melihatnya sambil mendapatkan penjelasan mendalam.

Jika digabungkan dengan kamera yang terpasang di bagian belakang sistem, Lenovo mengatakan kemungkinan ada aplikasi AR. Salah satu contohnya adalah penggunaan kamera untuk mengidentifikasi suatu objek, mirip dengan Google Lens.

Dan dengan tampilan transparannya, ide tersebut dapat dibawa selangkah lebih maju dengan melapisi diagram atau skema di atas objek untuk hal-hal seperti pemecahan masalah atau perbaikan.

Namun hal terbaik tentang Project Crystal adalah Lenovo bersusah payah membuatnya. Saat ini, bahkan layar microLED standar pun sangat mahal karena panel tersebut biasanya hanya digunakan untuk gadget canggih seperti The Wall milik Samsung atau Vision Pro milik Apple.

Dan, versi tembus pandang ini hanya terlihat sebagai konsep seperti pada TV microLED transparan yang dipamerkan Samsung beberapa bulan lalu di CES 2024.

Melansir Engadget, efek transparansi ini membingungkan. Saat ditutup atau tampilannya mati, layar Project Crystal hampir terlihat seperti pecahan kaca biasa dengan sedikit warna kecoklatan. Namun ketika dinyalakan, seketika semuanya menyala seperti kapal perang.

Kecerahan nominal mencapai 1.000 nits, dengan Lenovo mengatakan puncaknya bisa mencapai 3.000 nits, yang akan membuatnya lebih terang daripada keluarga Galaxy S24 baru. Meskipun terbuat dari beberapa lapisan, panelnya sangat tipis, sehingga membantu mengaburkan batas antara dunia digital dan analog.

Lenovo mengatakan pihaknya juga mempertimbangkan untuk menambahkan semacam lapisan kontras, sehingga dapat berubah menjadi tampilan buram tradisional hanya dengan satu sentuhan tombol. Namun, untuk layar 16 inci yang relatif besar, resolusinya tidak terlalu tinggi, jadi jika diperhatikan lebih dekat, maka dapat melihat pixel satu per satu.

Perubahan desain lainnya adalah alih-alih keyboard tradisional, Project Crystal menampilkan salah satu pengganti berbasis sentuhan Lenovo yang serupa dengan yang ada di Yoga Books lama. Sayangnya, negara ini masih mengalami banyak masalah yang sama.

Contoh paling nyata dari hal tersebut adalah tangan pengguna melayang saat mengetik karena tidak ada umpan balik sentuhan, yang menyebabkan penurunan akurasi. Lenovo mengatakan, AI mungkin dapat mengatasinya di masa depan dengan mempelajari kebiasaan mengetik seseorang dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk memperhitungkan tangan yang menyimpang dari baris utama. Namun saat ini, hal tersebut masih menjadi masalah.

Bagian lain dari laptop ini juga masih dalam proses. Hanya terlihat dua port di seluruh sistem yang merupakan kecerobohan besar untuk notebook sebesar itu. Project Crystal juga didasarkan pada CPU generasi terakhir, sementara komponen lain seperti engselnya sangat lemah sehingga layarnya terancam tertutup setiap kali dimiringkan di bawah 90 derajat.

Dan untuk beberapa alasan, laptop tersebut sepertinya menghasilkan muatan listrik statis, yang terkadang mengejutkan orang yang menyentuh layarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement