Selasa 21 Feb 2023 17:33 WIB

Trik Multitugas Lebih Mudah di Android

Pengguna Android dapat melakukan berbagai kegiatan sekaligus.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Android  menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan multitugas lebih mudah pada ponsel cerdas.
Foto: 9to5google
Android menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan multitugas lebih mudah pada ponsel cerdas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Android menawarkan beberapa fitur yang memungkinkan multitugas lebih mudah pada ponsel cerdas. Hal itu termasuk fungsi layar terbagi, mode gambar-dalam-gambar, Floating Window (memperkecil salah satu jendela aplikasi) dan akselerasi beralih cepat.

Ukuran layar 6,7 inci menjadi yang paling umum di smartphone saat ini. Prosesor seluler telah berkembang menjadi multitugas dan lebih mudah dari sebelumnya.

Baca Juga

Pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti membuat catatan sambil menonton video, mengobrol dengan seseorang sambil memesan sesuatu, atau melakukan panggilan video sembari menggulir meme sekaligus.

Berikut beberapa fitur di Android yang memungkinkan untuk menyelesaikan hal-hal ini dengan mulus, sepeti dikutip dari Indian Express, Selasa (21/20223).

  • Fungsi layar terpisah

Mengetahui cara menggunakan fungsionalitas layar terpisah di ponsel dapat memberi Anda peningkatan produktivitas yang sangat besar. Di Android 7.0 dan yang lebih baru, pengguna dapat menampilkan beberapa aplikasi secara bersamaan di layar perangkat mereka dengan beberapa langkah mudah. Tidak semua aplikasi di platform mendukungnya, tetapi Android memudahkan untuk mengetahui aplikasi mana yang mendukungnya.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan layar terpisah ini bisa sedikit berbeda di antara jenis Android. Tapi secara umum, caranya kurang lebih sama seperti berikut.

1. Buka kedua aplikasi yang ingin digunakan di layar terpisah

2. Buka terbaru

3. Pada stok Android dan Samsung, tekan lama ikon untuk aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan di layar terpisah dan ketuk "Layar terpisah"

4. Di Xiaomi, tekan lama badan aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan di layar terbagi, lalu ketuk ikon layar terbagi.

5. Pada perangkat Oppo, OnePlus, dan Realme, ketuk menu tiga titik dan ketuk "Layar terpisah". Pilih aplikasi kedua yang ingin Anda gunakan di layar terpisah.

 

  • Mode gambar-dalam-gambar

Bagaimana cara menonton video YouTube sambil menggunakan ponsel ? Gambar-dalam-gambar bisa dibilang lebih unggul daripada layar terbagi untuk video karena overlay video dapat ditampilkan di atas aplikasi apa pun. Jendela gambar-dalam-gambar juga dapat dibawa melintasi layar, berbeda dengan layar terbagi yang jauh lebih kaku.

Selain YouTube untuk menyiapkan PiP, ada beberapa aplikasi lain, seperti Swiggy yang juga bisa digunakan.

1. Untuk mengaktifkan PiP di YouTube, buka aplikasi, lalu arahkan ke Pengaturan > Umum > Gambar-dalam-gambar

2. Aktifkan fitur

3. Setelah sesi selesai, tutup jendela PiP dengan menariknya ke bagian bawah layar Anda

 

  • Floating Window atau jendela mengambang

Beberapa Android seperti ColorOS, OxygenOS, One UI, Realme UI, dan MIUI menawarkan fitur Floating  Window, dan memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi apa pun dengan cara yang mirip dengan Picture-in-Picture. Aplikasi berubah menjadi jendela mengambang kecil yang dapat diseret melintasi layar, membantu Anda tetap berada di latar depan bahkan saat melakukan tugas lain.

1. Buka terbaru

2. Ketuk ikon untuk aplikasi, tahan di badan aplikasi atau ketuk menu tiga titik yang sesuai untuk aplikasi yang ingin Anda gunakan dalam mode floating window

3. Ketuk Jendela mengambang atau Buka dalam tampilan pop-up

 

  • Aplikasi beralih cepat

Jika menyulap antara dua aplikasi dan menjalankan menu terbaru setiap saat terlalu rumit, maka ada cara alternatif yang lebih cepat untuk hal yang sama.

1. Jika Anda menggunakan gerakan, usap ke kiri/kanan pada opsi navigasi di bagian bawah layar untuk beralih antar aplikasi.

2. Menggeser ke kiri akan membawa Anda ke aplikasi sebelumnya dengan cepat

3. Jika Anda menggunakan navigasi 3 tombol, ketuk tombol terbaru dua kali dengan cepat untuk membuka aplikasi yang terakhir digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement