Ahad 19 Feb 2023 13:00 WIB

Punya Lesung Pipit Waktu Kecil, Mengapa Sebagian Orang Kehilangannya Saat Dewasa?

Lesung pipit tidak hanya ada di pipi, tetapi juga di dagu dan punggung bawah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi solo Afgansyah Reza. Afgan tak kehilangan lesung pipitnya hingga dewasa.
Foto:

Salah satu penjelasan "lesung pipit temporer" adalah timbunan lemak di pipi selama masa kanak-kanak. Seseorang dapat kehilangan lemak di area ini seiring bertambahnya usia.   

Begitu otot wajahnya meregang dan memanjang, lesung pipit pun menghilang. Elledge menjelaskan, lemak di area wajah tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu.

"Oleh karena itu beberapa orang akan 'kehilangan' lesung pipi mereka seiring bertambahnya usia, sementara pada orang lain, mereka mungkin menjadi lebih menonjol," ujar pria yang juga menjadi dosen klinis senior kehormatan di Inggris itu, dikutip dari laman Live Science, Ahad (19/2/2023).

Lesung pipit dapat terbentuk di bagian tubuh selain pipi, dengan beberapa jenis yang lebih umum daripada yang lain. Salah satunya adalah lesung dagu.

Lesung dagu atau belahan dagu adalah lekukan berbentuk Y yang terjadi ketika sisi kanan dan kiri tulang rahang atau otot rahang tidak menyatu sepenuhnya selama perkembangan di rahim. Fitur wajah permanen ini diduga diturunkan secara genetik dari salah satu atau kedua orang tua.

photo
Selebritas Laudya Cynthia Bella memiliki dagu belah - (Antara)

Ada juga lesung punggung, juga dikenal sebagai "lesung pipit Venus", terbentuk dengan cara yang mirip dengan lesung pipit ketika ligamen pendek membentang dari bagian tulang pinggul ke kulit di punggung. Lesung punggung biasanya terletak di punggung bawah, tepat di atas bokong.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement