Selasa 24 Jan 2023 11:12 WIB

3 Cara Baca Pesan WhatsApp tanpa Bikin Centangnya Jadi Biru

Pengguna WhatsApp dapat membaca pesan tanpa membuat centangnya menjadi biru.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aplikasi WhatsApp. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh pengguna WhatsApp untuk membaca pesan tanpa diketahui pengirimnya.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Aplikasi WhatsApp. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh pengguna WhatsApp untuk membaca pesan tanpa diketahui pengirimnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna aplikasi pesan untuk ponsel cerdas WhatsApp memiliki beberapa trik rahasia untuk membaca teks tanpa sepengetahuan pengirim. Tip ini dapat memberi pengguna waktu ekstra untuk memikirkan respons sempurna terhadap suatu teks.

Dilansir The Sun pada Selasa (24/1/2023), berikut tiga cara membaca pesan WhatsApp tanpa membuat centangnya menjadi biru:

Baca Juga

Baca lewat pratinjau

Baca ketika pesan muncul di layar ponsel yang terkunci. Fitur ini dikenal sebagai mode super stealth.

Pengguna dapat membaca secara lengkap pesan WhatsApp dengan membuka kotak pratinjau teks dengan menahan jari di layar.

Triknya tak membuat aplikasi terbuka sepenuhnya. Artinya, pengirim tidak akan pernah tahu pesannya sudah dibaca atau belum.

Matikan fitur Read Receipts

WhatsApp secara otomatis mengaktifkan fitur ini untuk dua miliar penggunanya. Artinya, pengguna dapat melihat bahwa pesan mereka telah dibaca begitu ada dua centang kecil di kanan bawah pesan telah berubah menjadi biru.

Untuk menonaktifkan fitur ini, buka Pengaturan di aplikasi WhatsApp. Klik Akun > Privasi > Tanda Terima Bacaan > lalu pilih matikan.

Namun, ada satu "masalah" kecil. Fitur ini tidak berfungsi untuk pesan, foto, atau video yang dibagikan di obrolan grup.

Demikian pula, ketika seseorang mengirim pesan suara. Anda tetap tidak dapat menghindari tanda centang biru meskipun telah menonaktifkan opsi tanda "telah dibaca" tersebut.

Mengaktifkan mode pesawat

Begitu menerima pesan di iPhone, aktifkan airplane mode. Mode pesawat memutus akses ponsel ke jaringan internet, termasuk via WiFi. Ini berarti WhatsApp tidak akan mencatat bahwa pesan telah dibaca sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement