Ahad 01 Jan 2023 02:03 WIB

10 Temuan Arkeologi 2022, Lubang Tertua di Dunia Hingga Mosaik Romawi (2)

Tahun 2022 mencatat ada banyak temuan arkeologi penting.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

8. Tempat perlindungan kuno

Di komune San Casciano dei Bagni di Tuscany, Italia, para arkeolog sisa-sisa tempat perlindungan kuno. Ini mungkin telah digunakan oleh orang Etruria dan Romawi.

Bangsa Etruria adalah bangsa yang berkembang di Italia selama milenium pertama SM. Namun, kota dan wilayah mereka secara bertahap diambil alih oleh orang Romawi.

Sebuah tim menemukan lebih dari dua lusin patung perunggu yang terpelihara dengan baik yang berasal dari 2.000 tahun yang lalu. Selain itu, para arkeolog menemukan ukiran perunggu dari bagian tubuh dan organ individu dan 5.000 koin yang terbuat dari emas, perak, atau perunggu.

9. Patung kapur

Patung kapur berusia 5.000 tahun yang oleh British Museum disebut sebagai karya seni prasejarah terpenting yang ditemukan di Inggris dalam 100 tahun terakhir, ditemukan di dekat desa Burton Agnes di East Yorkshire. Itu ditemukan di samping bola kapur di dalam kuburan tiga anak.

photo
Patung kapur berusia 5.000 tahun - (british museum)

Pemakaman tersebut berasal dari masa ketika Stonehenge sedang dibangun. Penemuan baru ini adalah bukti bahwa orang-orang di seluruh Inggris terlibat dalam praktik artistik.

10. Mosaik Romawi

Di Suriah, para arkeolog menemukan mozaik besar berwarna-warni yang berusia sekitar 1.600 tahun. Mosaik itu menggambarkan adegan dari Perang Troya, konflik legendaris antara Yunani dan Trojan.

photo
Di Suriah, para arkeolog menemukan mozaik besar berwarna-warni yang berusia sekitar 1.600 tahun. - (Louai Beshara/AFP via Getty Images)

 

Mosaik itu juga menunjukkan adegan yang menggambarkan dewa Hercules dan Neptunus. Mosaik tersebut memiliki panjang sekitar 65,5 kaki dengan lebar 20 kaki dan ditemukan di Rastan, sebuah kota dekat Homs oleh para arkeolog dari Direktorat Jenderal Kepurbakalaan dan Museum, sebuah badan pemerintah Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement