Ahad 01 Jan 2023 02:03 WIB

10 Temuan Arkeologi 2022, Lubang Tertua di Dunia Hingga Mosaik Romawi (2)

Tahun 2022 mencatat ada banyak temuan arkeologi penting.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, Tahun 2022 mencatat ada banyak temuan arkeologi penting. Di antara temuan tersebut adalah bukti kartun prasejarah, kuil Buddha paling awal, dan potret mumi Mesir kuno.

Berikut daftar temuan arkeologi penting yang tercatat di tahun ini, sepert dikutip Live Science, Kamis (29/10/2022):

Baca: 10 Temuan Arkeologi 2022, Kartun Prasejarah Hingga Kuil Budha Tertua (1)

6. Penemuan kuil berusia 9.000 tahun

photo
Sebuah kuil berusia 9.000 tahun yang ditemukan di gurun timur Yordania berisi sejumlah artefak yang luar biasa. - (South Eastern Badia Archaeological Project))

Sebuah kuil berusia 9.000 tahun yang ditemukan di gurun timur Yordania berisi sejumlah artefak yang luar biasa. Setidaknya ada dua batu besar dengan ukiran wajah manusia, altar dan perapian, patung hewan, peralatan batu, dan bahkan fosil laut. Beberapa jebakan hewan juga ditemukan di kuil.

7. Ribuan lubang di dekat Stonehenge

Para peneliti yang melakukan survei induksi elektromagnetik menemukan ribuan lubang di dekat Stonehenge. Hasil temuan menunjukkan mungkin ada 415 lubang besar yang berdiameter lebih dari 7,9 kaki (2,4 meter) dan sekitar 3.000 lubang yang lebih kecil.

photo
Para peneliti yang melakukan survei induksi elektromagnetik menemukan ribuan lubang di dekat Stonehenge. - (Ghent University/University of Birmingham 202)

Lubang tertua yang digali berusia sekitar 10.000 tahun dan berisi sisa-sisa alat batu yang mungkin digunakan untuk berburu. Saat itu, banyak hewan berkeliaran di Dataran Salisbury, termasuk aurochs, spesies ternak yang sudah punah.

Hanya sejumlah kecil lubang telah digali sejauh ini. Beberapa mungkin digunakan untuk berburu, seperti lubang berusia 10.000 tahun sementara yang lain mungkin memiliki tujuan seremonial.