Ahad 01 Jan 2023 00:42 WIB

10 Temuan Arkeologi 2022, Kartun Prasejarah Hingga Kuil Budha Tertua (1)

Tahun 2022 mencatat ada banyak temuan arkeologi penting.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Para arkeolog yang bekerja di Lembah Swat, Pakistan menemukan sebuah kuil Buddha yang berasal dari pertengahan abad kedua SM yang menjadikannya salah satu kuil Buddha tertua di dunia.
Foto:

4. Pemindahan jenazah Grigory Potemkin

Invasi Rusia ke Ukraina yang diluncurkan pada Februari 2022 telah mengakibatkan kerusakan, kehancuran, atau pencurian banyak artefak dan situs warisan. Misal, pesawat terbesar di dunia yang awalnya dirancang untuk membawa pesawat ulang-alik Soviet, dihancurkan pada masa awal invasi.

photo
Artefak emas Scythian berusia 2.300 tahun - (Andreas Wolochow via Shutterstock))

Pasukan pendudukan juga mengambil banyak artefak dari Museum Sejarah Lokal Melitopol di Ukraina, termasuk artefak emas Scythian berusia 2.300 tahun serta koin perak berusia 300 tahun dan senjata antik.

Sebelum mundur dari kota Kherson di Ukraina pada bulan November, pasukan pendudukan Rusia mengambil jenazah Grigory Potemkin yang hidup tahun 1739 hingga 1791 dari kuburannya di kota tersebut.

Potemkin merupakan bangsawan yang menjadi favorit Permaisuri Rusia Catherine yang Agung dan menjabat sebagai gubernur dan jenderal. Menurut laporan media, Presiden Rusia Vladimir Putin mengagumi sosok itu dan ingin pasukannya memindahkan jenazahnya dan membawanya ke Rusia.

5. Kartun prasejarah

Sebuah tim peneliti yang mempelajari sebuah gua di Prancis selatan menemukan ukiran hewan prasejarah diposisikan sedemikian rupa sehingga cahaya dan bayangan akan berinteraksi dengan mereka agar terlihat seperti hewan yang bergerak.

photo
Ukiran hewan prasejarah diposisikan sedemikian rupa sehingga cahaya dan bayangan akan berinteraksi dengan mereka agar terlihat seperti hewan yang bergerak. - (plos one)

"Ketika Anda mendapatkan cahaya dinamis ini melintasi permukaan, tiba-tiba semua hewan ini mulai bergerak. Mereka mulai berkedip masuk dan keluar dari fokus," kata arkeolog di University of York di Inggris, Andy Needham.

 

Situs ini mungkin berusia sekitar 15 ribu tahun dan animasi hewan yang dipahat jauh lebih tua daripada gambar bergerak paling awal yang baru muncul pada abad ke-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement