Ahad 01 Jan 2023 00:42 WIB

10 Temuan Arkeologi 2022, Kartun Prasejarah Hingga Kuil Budha Tertua (1)

Tahun 2022 mencatat ada banyak temuan arkeologi penting.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Para arkeolog yang bekerja di Lembah Swat, Pakistan menemukan sebuah kuil Buddha yang berasal dari pertengahan abad kedua SM yang menjadikannya salah satu kuil Buddha tertua di dunia.
Foto: ISMEO/Ca' Foscari University of Venice)
Para arkeolog yang bekerja di Lembah Swat, Pakistan menemukan sebuah kuil Buddha yang berasal dari pertengahan abad kedua SM yang menjadikannya salah satu kuil Buddha tertua di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tahun 2022 mencatat ada banyak temuan arkeologi penting. Di antara temuan tersebut adalah bukti kartun prasejarah, kuil Buddha paling awal, dan potret mumi Mesir kuno yang menunjukkan gambar jelas dari almarhum.

Berikut daftar temuan arkeologi penting yang tercatat di tahun ini, sepert dikutip Live Science, Kamis (29/10/2022):

Baca Juga

1. Potret mumi

Para arkeolog dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menemukan dua potret mumi lengkap bersama dengan potret setengah lengkap dan tidak lengkap di pemakaman di kota kuno Philadelphia, sekitar 75 mil barat daya Kairo. Potret realistis ini berasal dari sekitar 2.000 tahun yang lalu.

photo
Potret mumi realistis yang berasal dari sekitar 2.000 tahun lalu. - (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities)

Lukisan tersebut merupakan potret mumi pertama yang ditemukan dalam penggalian ilmiah sejak arkeolog Inggris Flinders Petrie menemukan pada tahun 1880-an. Para sarjana berharap penemuan baru ini akan membantu mereka belajar lebih banyak tentang potret mumi.

2.Kota bawah tanah

photo
Para arkeolog menemukan sebuah kota bawah tanah yang tersembunyi yang bisa menampung hingga 70 ribu orang di bawah kota kuno Midyat di Turki. - (anadolu agency)

Para arkeolog menemukan sebuah kota bawah tanah yang tersembunyi yang bisa menampung hingga 70 ribu orang di bawah kota kuno Midyat di Turki. Saat ini baru sekitar lima persen dari bagian kota yang digali. Meski begitu, mereka sudah menemukan sumur air, sisa-sisa rumah, dan sebuah gereja Kristen yang tampak seperti sinagoga dengan simbol Bintang Daud di dinding.

3. Kuil Budha awal

Para arkeolog yang bekerja di Lembah Swat, Pakistan menemukan sebuah kuil Buddha yang berasal dari pertengahan abad kedua SM yang menjadikannya salah satu kuil Buddha tertua di dunia. Buddhisme didirikan oleh Siddhārtha Gautama yang hidup sekitar tahun 563 SM. Kuil ini berasal dari beberapa abad setelah kematiannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement