Jumat 30 Dec 2022 03:21 WIB

10 Foto Luar Angkasa Terbaik 2022, Aurora Pink Hingga Matahari Tersenyum (2)

Banyak temuan luar angkasa yang terjadi pada tahun 2022.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Aurora pink.
Foto: Markus Varik/Greenlander
Aurora pink.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak temuan luar angkasa yang terjadi pada tahun 2022. Dengan diluncurkannya teleskop James Webb Space Telescope (JWST), para astronom melihat dapat meneliti galaksi berusia 13 miliar tahun dengan tangkapan kejernihan yang sangat baik.

Berikut sepuluh foto luar angkasa cantik yang ditangkap pada tahun 2022, seperti dilansir Live Science, Kamis (29/12/2022): 10 Foto Luar Angkasa Terbaik 2022, Pilar Penciptaan Hingga Ledakan Matahari (1)

Baca Juga

Aurora merah muda yang langka

photo
Aurora pink. - (Markus Varik/Greenlander)

Aurora merah muda cemerlang memenuhi langit di atas Norwegia pada bulan November setelah badai matahari yang dahsyat. Partikel matahari menembus atmosfer bumi lebih dalam dari biasanya, bertabrakan dengan atom nitrogen dan menyebabkannya memancarkan cahaya merah muda.

Misteri mata kucing

photo
Nebula mata kucing dalam bentuk 3D (kiri), dan Nebula mata kucing dalam foto teleskop Hubble. - (NASA, ESA, HEIC, and The Hubble Heritage Team)

Para astronom memodelkan Nebula Mata Kucing yang misterius berdasarkan pengamatan dari Hubble dan teleskop lainnya. Tim mengetahui struktur gelembung nebula yang aneh dan tumpang tindih diciptakan oleh sinar ganda dari gas berdensitas tinggi yang bergoyang-goyang yang diledakkan ke luar angkasa oleh bintang yang sekarat di pusat nebula.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement