Selasa 20 Dec 2022 10:57 WIB

Cara Gunakan Ponsel Android Lama Jadi Bingkai Foto Digital

Bingkai foto dari ponsel Android bisa menjadi dekorasi yang unik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Cara menjadikan ponsel Android jadi bingkai foto
Foto: slash gear
Cara menjadikan ponsel Android jadi bingkai foto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda bosan dengan ponsel Android dan tak ingin memakainya lagi atau memberikannya kepada orang lain, Anda mungkin bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bingkai foto digital. Dengan begitu, Anda akan memiliki dekorasi gaya baru.

Bagaimana caranya?

Baca Juga

Dilansir dari Slashgear, Senin (19/12/2022), yang Anda butuhkan hanyalah ponsel itu sendiri, pengisi daya, foto Anda, dan aplikasi. Sangat mudah untuk mengatur bingkai foto.

1. Siapkan foto Anda

Sebelum Anda mulai mengutak-atik smartphone lama Anda, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan foto yang ingin Anda tampilkan di bingkai foto digital. Salah satunya adalah menyimpan semua foto ke perangkat Android lama Anda.

Jika Anda memilikinya di komputer, cukup sambungkan ponsel ke PC dengan kabel data dan transfer foto. Jika mereka menggunakan ponsel lain, Anda dapat mentransfernya melalui Bluetooth atau aplikasi berbagi file nirkabel.

2. Siapkan aplikasi Fotoo di ponsel lama Anda

Sekarang setelah foto Anda disusun dan siap, Anda dapat mulai menampilkannya di ponsel Android lama menggunakan aplikasi bingkai foto digital bernama Fotoo. Aplikasi ini gratis dan mendukung penyimpanan offline dan online. Anda dapat menggunakan foto yang disimpan secara lokal di ponsel Anda atau yang Anda unggah ke layanan penyimpanan cloud pilihan Anda. Foto Anda kemudian akan ditampilkan di layar.

·         Ketuk layar sekali dan pilih Settings.

·         Aktifkan Launch on boot under Auto-start. Dengan cara ni, Fotoo akan terbuka secara otomatis meskipun ponsel Anda dinyalakan ulang.

·         Ketuk tombol kembali dan ketuk layar lagi untuk keluar dari Settings.

Jika Anda ingin menyesuaikan tampilan, buka Settings lagi. Di sini, Anda bisa mengubah waktu tampilan, efek tampilan, efek transisi, urutan foto, bahkan dekorasi. Jika Anda membeli Fotoo versi premium, Anda juga dapat menambahkan beberapa musik layar saat foto Anda ditampilkan.

3. Buat dudukan telepon dan dok pengisi daya

Bingkai foto digital Anda sekarang siap dipajang di ruang tamu Anda. Tentu saja, Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja di atas meja kopi,  atau tidak akan terlihat seperti bingkai foto. Anda memerlukan dudukan untuk telepon Anda yang dapat berfungsi ganda sebagai stasiun pengisian daya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement