Kamis 24 Nov 2022 15:36 WIB

Catat! 5 Modus Penipuan WhatsApp yang Harus Diwaspadai

Peretasan WhatsApp kian masif dari hari ke hari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
WhatsApp
Foto:

Trik verifikasi

Penipuan verifikasi adalah cara umum lainnya untuk meretas akun WhatsApp. Korban menerima dua pesan hampir bersamaan. Satu pesan biasanya merupakan permintaan maaf dari teman atau anggota keluarga yang mengatakan bahwa mereka secara tidak sengaja mengirimkan kode verifikasi ke akun korban.

Mereka kemudian meminta kode. Setelah kode dibagikan, peretas mengambil kendali penuh atas akun WhatsApp korban.

Peniruan ibu dan ayah

Cara termudah untuk menipu orang adalah dengan menyamar sebagai teman atau keluarga. Penipuan ibu dan ayah telah ada selama beberapa tahun. Scammer akan berpura-pura menjadi anggota keluarga dan menipu korban.

Dalam kasus penipuan ini, korban menerima pesan dari anggota keluarga dekat yang mengaku kehilangan ponselnya. Kemudian mereka meminta korban untuk membagikan detail rekening bank.

Pembajakan WhatsApp

 

Pembajak dunia maya dapat mengakses lengkap ponsel korban. Beberapa dari mereka melakukannya dengan sangat baik. Dibutuhkan setidaknya beberapa jam atau berhari-hari bagi korban untuk menyadari apa yang telah terjadi. Mereka membuat korban memasang spyware yang mengungkapkan informasi rahasia seperti nama pengguna, kata sandi, dan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement