Selasa 16 May 2023 16:12 WIB

Marak Penipuan Telepon Internasional WhatsApp, Ini 8 Hal yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa hal sederhana yang perlu pengguna waspadai untuk menghindari penipuan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Panggilan internasional dari nomor tak dikenal lewat WhatsApp kian marak/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Panggilan internasional dari nomor tak dikenal lewat WhatsApp kian marak/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Panggilan internasional dari nomor tak dikenal kian marak. Panggilan ini bisa berupa audio dan video. Aplikasi perpesanan instan lintas platform, WhatsApp juga mengatakan akan meningkatkan sistem kecerdasan buatannya untuk menurunkan insiden semacam itu.

Di sisi lain, penting juga bagi pengguna WhatsApp untuk waspada. Dilansir Gadgets Now pada Selasa (16/5/2023), berikut beberapa hal sederhana yang perlu pengguna waspadai untuk menghindari penipuan semacam itu.

Baca Juga

1. Penipu mengklaim sebagai bagian dari SDM beberapa perusahaan multinasional.

Penipu biasanya menyamar sebagai SDM dari beberapa perusahaan multinasional dan menawarkan pekerjaan sederhana yang bisa dikerjakan dari rumahan. Pekerjaan ini menawarkan gaji yang menguntungkan untuk melakukan tugas-tugas sederhana.

 

2 Penipu ini cukup persuasif.

Penipu ini cukup persuasif selama panggilan mereka. Banyak dari mereka yang fasih, dan sepertinya tahu subjeknya. Mereka biasanya memberikan hadiah yang menggiurkan untuk tugas-tugas yang sederhana dan mudah dikerjakan, termasuk hal-hal seperti menyukai video YouTube atau unggahan media sosial, atau membagikannya dengan teman. Penipu awalnya membayar korban untuk tugas-tugas ini untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

 

3. Langkah selanjutnya adalah serangkaian tugas, yang mulai mencurigakan.

Setelah membayar korban beberapa kali, penipu akan meminta korban menyelesaikan tugas yang mencurigakan. misalnya melibatkan investasi dalam jumlah kecil dengan janji pengembalian dua kali lipat atau tiga kali lipat.

 

4. Nomor telepon internasional tempat asal panggilan ini.

Pengguna WhatsApp menerima panggilan dan pesan penipuan ini dari nomor internasional yang dimulai dengan +254, +84, +63, +1(218), dan lainnya.

 

5. Penipuan “panggilan video telanjang” WhatsApp.

Penipuan WhatsApp umum lainnya adalah “penipuan panggilan video telanjang” yang juga merupakan bagian dari penipuan panggilan internasional. Dalam hal ini, pengguna menerima panggilan video atau panggilan video tidak terjawab. Apa yang terjadi adalah penipu melakukan panggilan video WhatsApp ke orang asing, jika seorang pria mengangkat telepon, seorang wanita telanjang muncul di sisi lain dan jika seorang wanita mengangkat panggilan, seorang pria telanjang muncul.

 

6. Idenya untuk memeras pengguna dan meminta uang sebagai gantinya.

Penipu merekam video ini dan kemudian menggunakannya untuk memeras korban.

 

7. Hindari mengangkat atau menanggapi panggilan dan pesan dari nomor internasional yang tidak dikenal di WhatsApp.

Cara terbaik untuk mencegah ditipu adalah menghindari menanggapi pesan atau panggilan dari nomor-nomor ini. Cara terbaik adalah memblokir dan melaporkannya segera setelah Anda menerima panggilan ini.

 

8. Jangan pernah mengangkat atau menelepon kembali nomor internasional tak dikenal.

Untuk mencegah terjebak dalam penipuan panggilan video internasional, jangan pernah mengangkat panggilan ini atau menelepon balik saat menerima panggilan tak terjawab dari nomor internasional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement