Senin 15 May 2023 16:35 WIB

Tombol Edit WhatsApp Tersedia dalam Versi Beta

Fitur mengedit pesan WhatsApp yang telah terkirim paling dinanti.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tombol edit tampaknya telah muncul di WhatsApp versi beta/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Tombol edit tampaknya telah muncul di WhatsApp versi beta/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi perpesanan instan lintas platform gratis WhatsApp, merilis pembaruan yang memperkenalkan fitur berguna, seperti melaporkan pesan yang tidak pantas di obrolan grup dan membungkam panggilan dari nomor tak dikenal. Namun, salah satu fitur yang paling dinantikan adalah kemampuan untuk mengedit pesan terkirim.

Pada awal tahun ini, para pengembang dilaporkan menguji kemampuan untuk mengedit pesan hingga 15 menit setelah dikirim pengirimnya. Kini, tombol edit tampaknya telah muncul di WhatsApp versi beta, seperti yang dilaporan oleh WABetaInfo.

Baca Juga

Hanya beberapa hari setelah versi beta web WhatsApp menerima fitur tersebut, sejumlah pengguna WhatsApp beta untuk Android 2.23.10.13 dilaporkan juga dapat mengedit pesan dalam grup dan obrolan. Tangkapan layar menunjukkan bahwa tombol edit mungkin juga tersembunyi di bawah menu tiga titik yang muncul di kanan atas layar saat Anda memilih pesan.

Meskipun tampaknya tidak ada batasan berapa kali Anda dapat mengedit pesan terkirim, ada batasan waktu 15 menit setelah WhatsApp tidak mengizinkan Anda mengubah konten pesan. Seperti halnya iMessage, pengguna WhatsApp akan dapat menentukan apakah suatu pesan telah diedit atau tidak menggunakan label “edited” yang muncul di dalam bubble pesan.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa WhatsApp menetapkan batas waktu 15 menit, itu karena fitur edit dirancang untuk menjadi alat yang memungkinkan pengguna memperbaiki kesalahan ketik dan kesalahan mereka. Saat ini, fitur edit tersedia untuk penguji beta tertentu dan hanya mendukung pesan teks, tetapi WhatsApp mungkin mengubahnya dalam waktu dekat. Meskipun WhatsApp belum membagikan timeline kapan fitur edit akan tersedia untuk semua orang, coba instal WhatsApp beta untuk Android dan lihat apakah fitur itu tersedia di perangkat Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement