Sabtu 12 Nov 2022 07:25 WIB

Potongan Pesawat Ulang Alik Challenger yang Meledak Ditemukan di Dasar Laut

Pesawat ulang-alik Challenger meledak 37 tahun lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Pesawat Challenger.
Foto:

Langkah NASA

Tim segera memberi tahu NASA dan membagikan rekaman yang diambil oleh para penyelam. Para pemimpin agensi melihatnya dan langsung setuju bahwa puing-puing itu sangat mirip dengan bagian dari Challenger. Administrator NASA Bill Nelson mengkonfirmasi temuan itu dalam sebuah pernyataan publik.

“Meskipun sudah hampir 37 tahun sejak tujuh penjelajah pemberani dan pemberani kehilangan nyawa mereka di kapal Challenger, tragedi ini akan selamanya terpatri dalam memori kolektif negara kita. Bagi jutaan orang di seluruh dunia, termasuk saya sendiri, 28 Januari 1986, masih terasa seperti kemarin,” katanya.

Artefak pesawat ulang-alik seperti ini adalah milik pemerintah Amerika Serikat (AS). Sisa dari pesawat ulang-alik diabadikan dan disimpan di Launch Complex 31 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral.

Satu bagian dipajang di Kompleks Pengunjung Kennedy Space Center di dekatnya. Kru yang hilang diabadikan di sana. NASA akan bekerja dengan keluarga astronot untuk memutuskan bagaimana menangani artefak yang baru ditemukan.

History Channel dan Challenger

Video penemuan tim akan menjadi bagian dari program  “The Bermuda Triangle: Into Cursed Waters.” Tayangan akan mengudara pada 22 November sebagai bagian dari narasi tentang situs bangkai kapal di lepas pantai Florida.

“Penemuan bersejarah dan emosional dari artefak Challenger ini oleh tim kami yang luar biasa memperkuat misi History Channel untuk melestarikan situs dan cerita penting dari warisan nasional kami,” kata Eli Lehrer, wakil presiden eksekutif dan kepala pemrograman jaringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement