Selasa 08 Nov 2022 13:04 WIB

Semua Pengguna Signal Kini Bisa Posting Stories

Stories diluncurkan pada versi terbaru Signal.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
 Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp (kiri), Signal dan Telegram.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp (kiri), Signal dan Telegram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Cerita atau Stories sekarang tersedia untuk semua pengguna Signal, layanan pesan instan terenkripsi. Fitur Stories memungkinkan pengguna membuat dan berbagi gambar, video, dan teks yang secara otomatis kedaluwarsa setelah 24 jam.

Fitur tersebut pertama kali diumumkan pada bulan lalu di forum komunitas Signal. Pada awalnya, fitur hanya tersedia untuk penguji beta Signal. Sekarang, fitur Stories diluncurkan pada versi terbaru Signal (v6.0) untuk semua pengguna Android dan iOS. Dukungan desktop juga akan segera hadir.

Baca Juga

Pengguna Signal akan memiliki fleksibilitas untuk mengatur siapa yang dapat melihat cerita mereka dengan masuk ke Settings > Stories. Di sana, pengguna dapat membatasi koneksi Signal mana yang dapat melihat konten, baik dengan menyetujui kontak tertentu dan obrolan grup yang ada atau menyembunyikan cerita secara manual dari orang-orang tertentu. Siapa pun dalam obrolan grup yang ada dapat melihat cerita bersama selain komentar dan reaksi dari anggota grup lainnya.

Selain itu, pengguna juga dapat membatasi cerita ke grup tertentu, seperti anggota keluarga atau rekan kerja. Seperti semua fitur yang ada di Signal, cerita dienkripsi ujung-ke-ujung. Cerita akan hilang secara otomatis 24 jam setelah dibagikan dan pengguna juga dapat menghapusnya secara manual.

Stories mungkin terasa seperti tambahan yang tidak biasa atau bahkan mengganggu untuk layanan dengan fokus yang kuat pada privasi dan keamanan. Namun, Signal mengklaim itu merupakan salah satu permintaan fitur paling umum dari pengguna global.

“Orang-orang menggunakannya, orang-orang menginginkannya. Jadi, kami menyediakan cara untuk membuat cerita secara pribadi,” kata penulis komunitas Signal Nina Berman dalam sebuah posting blog yang mengumumkan fitur Stories, dilansir The Verge, Selasa (8/11/2022).

Bagi mereka yang tidak ingin melihat cerita pengguna lain atau membuat dan membagikannya sendiri, dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan masuk ke Settings > Stories > Turn off stories. Signal tidak akan memberi tahu kontak atau teman mana pun bahwa Anda telah memilih untuk tidak menonton cerita mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement