Selasa 07 May 2024 08:20 WIB

Ingin Beralih dari WhatsApp? Ini Aplikasi Alternatif dengan Fitur Serupa

Ada beberapa opsi aplikasi perpesanan yang bisa dipilih jika bosan dengan Whatsapp.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
 Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp (kiri), Signal dan Telegram.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp (kiri), Signal dan Telegram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan paling populer yang digunakan di dunia. Namun sering kali orang menginginkan hal baru dan ingin mencoba aplikasi dengan fitur yang tidak jauh berbeda.

Jika berencana beralih ke aplikasi perpesanan selain WhatsApp, tanpa mengurangi fitur dan fungsionalitas, ada beberapa opsi yang tersedia. Misalnya Signal, Telegram, Google Messages dengan dukungan RCS dan masih banyak lagi. 

Baca Juga

Berikut daftar alternatifnya, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (7/5/2024).

Signal Private Messenger 

Signal adalah salah satu aplikasi perpesanan instan terpopuler yang dikembangkan oleh Signal Foundation. Aplikasi ini menawarkan privasi dan fitur terbaik di kelasnya. Selain itu, fiturnya paling mendekati yang dimiliki WhatsApp. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS melalui toko aplikasi masing-masing.

Telegram

Telegram telah menjadi pesaing kuat WhatsApp sejauh ini. Aplikasi menawarkan enkripsi ujung ke ujung, supergrup dengan hingga 100 ribu anggota, saluran publik, dan kemampuan untuk berbagi file hingga 2GB.

Telegram meningkatkan pengalaman dengan memberikan informasi berguna dan bahkan memungkinkan pengguna bermain game di dalam aplikasi. Tidak seperti WhatsApp, Telegram bekerja dengan lancar di berbagai platform, memungkinkan pengguna berpindah antar perangkat dengan mudah.

Google Massages

Aplikasi Google Messages berbasis RCS mendukung sebagian besar fitur yang ditawarkan WhatsApp. Aplikasi ini juga bertindak sebagai aplikasi perpesanan default untuk ekosistem Android. Ini menawarkan enkripsi, panggilan audio - video, berbagi file, lokasi dan banyak lagi. Aplikasi umumnya tersedia pada kebanyakan perangkat Android.

Selanjutnya di halaman sebelah....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement