Selasa 25 Oct 2022 23:45 WIB

Hari Ini, Gerhana Matahari Terakhir Tahun 2022

Gerhana matahari akan terlihat dari bagian timur Greenland dan sebagian besar Eropa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Gerhana matahari sebagian terbit di New York, New York, AS, 10 Juni 2021. Pada Selasa (25/10/2022), bulan baru akan mengorbit di antara matahari dan Bumi, sehingga terjadi gerhana matahari sebagian.
Foto:

Bahkan, untuk beberapa kasus seperti Valencia, Spanyol dan Aljir, Aljazair, tepi bulan hanya akan menyebabkan lekuk yang hampir tidak terlihat di bagian atas piringan matahari. Madrid berada di luar zona gerhana dan tidak akan melihat apa pun. 

Portugal adalah satu-satunya negara Eropa yang akan jauh dari peristiwa itu, karena terletak tepat di luar zona visibiltas gerhana.

Untuk Eropa Barat, gerhana tersebut terjadi di pagi hari, tengah hari untuk Eropa Tengah dan sore hari untuk Eropa Timur. Lebih jauh ke timur, melewati Rusia barat dan India, gerhana terjadi pada siang hari dengan matahari terbenam di antara beberapa sebelum peristiwa berakhir. Di India tengah, misalnya, gerhana maksimum akan bertepatan dengan matahari terbenam, sementara lebih jauh ke timur, bulan hanya akan mulai masuk ke piringan matahari saat terbenam.

Untuk lokasi-lokasi di mana lebih dari setengah diameter matahari akan tertutup, masih bisa diperdebatkan apakan ini cukup untuk meredupkan langit dan lanskap secara nyata. Tetapi beberapa mungkin masih mencoba untuk merekam secara bertahap memudar dan pemulihan sinar matahari dengan meter eksposur fotografi sensitif. Ini dapat diatur untuk melihat dinding berwarna terang yang langsung menghadap matahari yang sebagian gerhana.

Tidak seperti gerhana matahari total, yang memusatkan kegembiraannya dalam beberapa menit, gerhana sebagian dapat disaksikan dengan mudah dari mana pun. Pengamatan dapat dilakukan dengan mata telanjang, teropong, atau teleskop berbagai ukuran. Tentu saja, selama pengamatan langsung gerhana, mata atau kamera harus dilindungi oleh filter padat dari cahaya yang kuat dan panas dari sinar matahari yang terfokus.

 

Perlu diingat bahwa matahari tidak kalah berbahaya untuk dilihat selama gerhana parsial daripada pada hari yang cerah normal. Kecuali matahari sangat rendah dan tampak merah kusam, jangan tergoda untuk menyipitkan mata atau mencuri pandang yang tidak aman hanya karena sebagian permukaan matahari terhalang oleh bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement