Sabtu 15 Oct 2022 18:17 WIB

Wakili Indonesia, Klinik Pendidikan MIPA Raih Prestasi di IYMC 2022

IYMC merupakan kompetisi Matematika tingkat internasional yang digelar di India

Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sukses meraih prestasi membanggakan dalam final round International Young Mathematicians
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sukses meraih prestasi membanggakan dalam final round International Young Mathematicians

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sukses meraih prestasi membanggakan dalam final round International Young Mathematicians' Convention (IYMC) 2022 yang diselenggarakan secara daring pada 11-12 Oktober 2022.

IYMC merupakan kompetisi Matematika tingkat internasional yang diselenggarakan oleh India setiap dua tahun sekali. Di tahun ini, IYMC diikuti oleh 279 peserta yang terdiri dari 144 peserta level junior (SMP) dan 135 peserta level senior (SMA).

Baca Juga

Tak hanya Indonesia, 18 negara lainnya, seperti Bangladesh, Brazil, Cina, Mongolia, Nepal, Nigeria, Filipina, Romania, Rusia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, UAE, Vietnam, India dan Bulgaria pun turut bersaing untuk menjadi yang terbaik di ajang kompetisi bergengsi ini.

Menurut Tri Jumsari Asisten Manajer Lomba KPM, pada IYMC 2022 ini Indonesia mengirimkan 16 siswa dari berbagai sekolah dengan didampingi 3 Team Leader dan 3 Deputy Leader dari tim KPM.

Menariknya beberapa hari sebelum pelaksanaan final IYMC, seluruh peserta Indonesia mendapat pembinaan baik secara daring maupun luring. “Semua peserta Indonesia dipersiapkan dengan pembinaan daring selama 4 hari dan luring selama 3 hari oleh tim KPM di bawah asuhan pelatih Olimpiade Matematika Nasional dan Internasional, Raden Ridwan Hasan Saputra,” ucap Tri.

Setelah melalui first round dan final round, rangkaian acara IYMC 2022 ditutup dengan kemeriahan Virtual Awarding yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting pada Sabtu, (15/10/2022).

Rasa bangga seolah tak ada hentinya. Sebab selain dapat berkontribusi di ajang kompetisi internasional, para pelajar Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi.

Dalam Virtual Awarding, tim Indonesia untuk level Junior berhasil meraih 1 emas, 4 perak, dan 2 perunggu. Sedangkan untuk level Senior, Indonesia berhasil meraih 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Prestasi yang diraih Indonesia pun tak sampai situ saja. Dalam team contest level Junior, tim C dan tim A dari Indonesia berhasil meraih posisi second runner up dan untuk team contest level Senior tim C dan tim A berhasil meraih gelar champion. Sedangkan untuk tim internasional level Senior, KPM berhasil meraih posisi second runner up.

Tentunya prestasi yang diraih para pelajar Indonesia dalam IYMC 2022 ini tidak terlepas dari dukungan para pengajar dan pembina hebat serta semangat belajar yang tinggi dari para peserta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement