Rabu 14 Sep 2022 10:50 WIB

KPM dan FKKS Sukses Gelar Olimpiade Sains Muhammadiyah Jawa Tengah (OSMJT)

Pada kompetisi babak penyisihan, tercatat ada 2.278 peserta turut bersaing

 KPM telah menjalin kerja sama dengan Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) Muhammadiyah Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Olimpiade Sains Matematika Jawa Tengah (OSMJT).
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
KPM telah menjalin kerja sama dengan Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) Muhammadiyah Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Olimpiade Sains Matematika Jawa Tengah (OSMJT).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM), lembaga nirlaba di bidang pendidikan dengan ciri khas Sistem Metode Seikhlasnya (SMS), konsisten untuk turut ambil bagian dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Salah satu upaya konkret yang dilakukan adalah dengan memfasilitasi minat dan bakat anak Indonesia di bidang Sains dan Matematika lewat ajang kompetisi.

Pada tahun ini, KPM telah menjalin kerja sama dengan Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) Muhammadiyah Jawa Tengah untuk menyelenggarakan Olimpiade Sains Muhammadiyah Jawa Tengah (OSMJT). OSMJT merupakan Olimpiade Sains dan Matematika yang diperuntukkan bagi siswa SD Muhammadiyah tingkat kota/kabupaten dan provinsi se-Jawa Tengah.

Di OSMJT ini peserta akan melalui tiga tahap, yaitu babak penyisihan yang telah sukses dilaksanakan pada Kamis, (8/9/2022), babak final tahap 1, dan babak final tahap 2. Di mana babak penyisihan dan babak final tahap 1 dilaksanakan secara online melalui website KPM www.kpm.read1institute.orgdan babak final tahap 2 dilaksanakan secara offline di wilayah Semarang.

Pada kompetisi babak penyisihan kemarin, tercatat ada 2.278 peserta turut bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dari jumlah tersebut, peserta dibagi menjadi dua bidang yaitu bidang Sains yang terdiri dari 1.168 peserta dan bidang Matematika yang terdiri dari 1.110 peserta.

Adapun peserta yang mengikuti kompetisi ini terdiri dari 33 wilayah, di antaranya Sukoharjo, Kendal, Surakarta, Boyolali, Wonosobo, Wonogiri, Pekalongan, Karanganyar, Banyumas, Tegal, Purworejo, Cilacap, Jepara, Kudus, Batang, Demak, Sragen, Magelang, Salatiga, Semarang, Temanggung, Purbalingga, Pemalang, Pati, Rembang, Banjarnegara, Klaten, Blora, Grobogan, Brebes, Kabupaten Pekalongan, Kebumen dan Kabupaten Magelang.

Tentunya OSMJT ini menjadi kompetisi yang sangat tepat bagi para siswa level SD yang menyukai tantangan karena pada OSMJT ini, siswa akan diuji kemampuan Sains dan Matematika secara utuh. Menurut Pamuji Raharjo selaku Ketua FKKS SD/MI Muhammadiyah Jateng mengatakan bahwa tujuan diadakannya kompetisi ini untuk memotivasi para siswa-siswi dalam meraih prestasi.

“Kehadiran OSMJT ini diharapkan dapat memotivasi para siswa, khususnya di Jawa Tengah dalam meraih prestasi sesuai bakat dan minat mereka di bidang Sains dan Matematika,” ucap Pamuji Raharjo.

Dengan program kerja sama ini, KPM berharap kompetisi OSMJTdapat diadakan setiap tahunnya dan KPM dapat memfasilitasi juga kompetisi Sains dan Matematika di semua daerah di Indonesia dan menjangkau siswa dari beragam latar belakang ekonomi sampai ke pelosok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement