Ahad 09 Oct 2022 11:09 WIB

Anda Pernah Diminta Login dengan Facebook Saat Unduh Aplikasi Pihak Ketiga?

Meta ingatkan pengguna Facebook bahaya unduh aplikasi pihak ketiga yang tampak seru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Facebook untuk smartphone (ilustrasi). Pengguna Facebook mungkin telah disusupi ketika mereka mengunduh aplikasi pihak ketiga yang meminta login with Facebook.
Foto:

Meta menemukan aplikasi berbahaya di Android berupa aplikasi konsumen, seperti filter foto. Sementara itu, 47 aplikasi iOS ditemukan berupa aplikasi yang diklaim bermanfaat untuk berbisnis.

Layanan dengan nama seperti Very Business Manager, Meta Business, FB Analytic, dan Ads Business Knowledge tampaknya ditargetkan secara khusus pada orang-orang yang menggunakan alat bisnis Facebook. Agranovich mengatakan Meta membagikan temuannya dengan Apple dan Google, tetapi pada akhirnya terserah mereka untuk memastikan aplikasi dihapus.

Sementara itu, Facebook mendorong peringatan kepada satu juta orang yang mungkin telah menggunakan aplikasi tersebut. Pemberitahuan mengatakan kepada pengguna bahwa informasi akun mereka mungkin telah disusupi oleh aplikasi.

Facebook tidak menyebutkan nama aplikasinya, namun merekomendasikan pengguna untuk menyetel ulang kata sandi mereka. Apple dan Google mengonfirmasi bahwa semua aplikasi yang diidentifikasi oleh Meta telah dihapus dari toko aplikasi masing-masing.

"Semua aplikasi yang diidentifikasi dalam laporan tidak lagi tersedia di Google Play. Pengguna juga dilindungi oleh Google Play Protect yang memblokir aplikasi ini di Android," kata juru bicara Google.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement