Kamis 18 Aug 2022 15:55 WIB

Spacewalk Rusia di ISS Dihentikan karena Masalah Listrik Pakaian Antariksa

Pemutusan listrik sepenuhnya menyulitkan spacewalker berkomunikasi dengan sesama.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto yang diambil dari rekaman video yang dirilis oleh Badan Antariksa Roscosmos ini, kosmonot Roscosmos Oleg Artemyev dan Denis Matveev terlihat selama perjalanan luar angkasa mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Rabu, 17 Agustus 2022. Kosmonot Roscosmos Oleg Artemyev dan Denis Matveev melakukan perjalanan luar angkasa di stasiun luar angkasa untuk melanjutkan pekerjaan pemasangan lengan robot Badan Antariksa Eropa di laboratorium Rusia yang baru.
Foto:

Artemyev dan Matveev, keduanya dari perusahaan luar angkasa federal Rusia Roscosmos, telah dikirim ke luar stasiun untuk terus melengkapi European Robotic Arm (ERA)yang telah diluncurkan ke kompleks yang mengorbit pada Juli 2021.

Sebelum outing mereka dibatasi, Artemyev dan Matveev telah berhasil memasang dua kamera di area siku pada ERA dan melepaskan isolasi termal dan penahan peluncuran dari salah satu dari dua efektor ujung atau “tangan” di ujung berlawanan dari lengan.

Kedua kosmonaut itu juga telah ditugaskan untuk memindahkan panel kontrol eksternal untuk lengan dari satu area operasi ke area lain dan menguji mekanisme kekakuan pada lengan yang akan digunakan untuk memfasilitasi penangkapan muatan. Tujuan-tujuan itu sekarang akan ditangguhkan untuk perjalanan luar angkasa di masa depan.

Setelah dikonfigurasi sepenuhnya, ERA akan digunakan untuk memindahkan muatan dan peralatan di luar segmen stasiun ruang angkasa Rusia. ERA, yang disediakan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA), bergabung dengan lengan robot Canadarm2 buatan Kanada dan lengan Kibo Jepang yang telah mendukung pemeliharaan, operasi, dan penelitian di bagian luar kompleks yang mengorbit.

Setelah menunggu lengan robot dimanuver ke konfigurasi yang disimpan, Matveev bergabung dengan Artemyev kembali ke dalam airlock, menandai berakhirnya perjalanan mereka. Spacewalk selesai pada pukul 13.54 EDT (pukul 17.54 GMT), 4 jam dan 1 menit setelah dimulai.

 

Ini adalah perjalanan luar angkasa ketujuh untuk tahun ini dan yang ke-252 mendukung perakitan, peningkatan, dan pemeliharaan ISS sejak tahun 1998. Ini adalah EVA ketujuh bagi Artemyev, yang sekarang telah mencatat 45 jam dan 45 menit bekerja di ruang hampa udara, dan yang ketiga untuk Matveev, yang telah menghabiskan 18 jam dan 20 menit di luar angkasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement