Kamis 04 Aug 2022 14:38 WIB

Badan Antariksa Eropa Rekrut Shaun 'The Sheep' untuk Misi ke Bulan

Shaun menjadi salah satu astronot persama yang terbang dalam misi Artemis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Shaun, karakter utama dari serial TV stop-motion Aardman Shaun the Sheep, berpose dengan model pesawat ruang angkasa Orion dan modul layanan Eropa. Shaun terbang dengan Artemis 1 Official Flight Kit (OFK) atas nama ESA
Foto:

Untuk mempersiapkan film itu, Shaun (sekali lagi, sebagai boneka mewah) terbang dengan tim ESA dalam penerbangan pesawat parabola yang menciptakan kembali kondisi tanpa bobot yang serupa dengan yang dialami di luar angkasa.

“[Penerbangan] menawarkan wawasan tentang pelatihan ketat yang dilakukan semua astronot untuk mempersiapkan penerbangan luar angkasa, yang sekarang akan dia alami secara nyata,” ESA menjelaskan dalam rilis yang mengumumkan penerbangan Shaun pada misi Artemis 1.

Shaun kini telah menjalani lebih banyak “pelatihan”, bepergian ke berbagai fasilitas di Eropa dan AS untuk "melihat" berbagai aspek misi bulan dalam persiapan. Perjalanannya didokumentasikan dan akan disajikan dalam serangkaian posting blog ESA menjelang peluncuran.

Artemis 1 akan menandai uji coba terintegrasi pertama dari roket Orion dan Space Launch System (SLS), yang mengarah pada penerbangan awak ke bulan. Di bawah program Artemis, NASA bertujuan untuk mendaratkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di permukaan bulan untuk membangun kehadiran yang berkelanjutan di bulan.

 

Shaun buka satu-satunya tokoh budaya pop yang ikut dalam penerbangan perdana Artemis. Empat minifigures LEGO juga disertakan dalam OFK, dan boneka Snoopy satu-satunya berdasarkan komik strip beagle terbang sebagai indikator gravitasi nol misi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement