Kamis 21 Mar 2024 17:16 WIB

Satu dari 12 Bintang Diperkirakan Telah Menelan Sebuah Planet

Belum diketahui apakah bintang menelan planet atau bahan penyusun planet.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
JWST mengungkap galaksi kerdil bernama Wolf Lundmark Melotte (WLM).
Foto: NASA, ESA, CSA, STScI
JWST mengungkap galaksi kerdil bernama Wolf Lundmark Melotte (WLM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian terbaru menyebut, sekitar satu dari 12 bintang diperkirakan telah menelan sebuah planet. Penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa beberapa bintang jauh memiliki tingkat unsur yang tidak biasa, seperti besi, yang diduga membentuk planet berbatu seperti Bumi.

Bukti tersebut dan bukti lainnya menunjukkan bahwa bintang terkadang menelan planet, namun masih banyak yang belum yakin mengenai seberapa sering hal itu bisa terjadi. Salah satu cara untuk mengungkap lebih banyak tentang konsumsi planet adalah dengan melihat dua bintang yang lahir pada waktu yang sama.

Kembar tersebut seharusnya memiliki komposisi yang hampir sama, karena keduanya lahir dari awan gas dan debu induk yang sama. Perbedaan kimiawi yang besar di antara bintang-bintang yang disebut ‘co-natal’ ini mungkin merupakan tanda bahwa seseorang sedang melahap dunia.

Dalam studi baru tersebut, para peneliti menggunakan satelit Gaia milik Badan Antariksa Eropa untuk mengidentifikasi 91 pasang bintang. Dalam setiap pasangan yang bepergian, bintang-bintang tersebut berada relatif dekat satu sama lain (jaraknya kurang dari satu juta unit astronomi) dan kemungkinan besar merupakan satu kelahiran.

Satuan astronomi atau AU, adalah jarak rata-rata antara matahari dan bumi, atau sekitar 93 juta mil (150 juta kilometer). Ketika molekul dipanaskan, mereka mengeluarkan spektrum panjang gelombang cahaya unik yang sesuai dengan unsur penyusunnya.

Oleh karena itu, para ilmuwan yang menganalisis cahaya yang datang dari bintang-bintang jauh dapat menyimpulkan komposisi unsur bintang-bintang, karena molekul-molekul bintang terpapar pada suhu yang sangat tinggi.

Para ilmuwan menggunakan Teleskop Sangat Besar milik European Southern Observatory di Chili, Teleskop Magellan, juga ditemukan di Chili, dan Teleskop Keck di Hawaii untuk menganalisis cahaya dari bintang-bintang selahir tersebut.

Mereka menemukan sekitar delapan persen dari pasangan ini (sekitar satu dari 12) memiliki satu bintang yang menunjukkan tanda-tanda telah menelan sebuah planet. Dengan kata lain, susunan kimianya berbeda jika dibandingkan dengan kembarannya.

“Yang benar-benar mengejutkan adalah frekuensi kejadiannya,” kata rekan penulis studi yang juga astronom di Australian National University di Canberra, Yuan-Sen Ting.

“Ini menyiratkan bahwa sistem planet yang stabil seperti tata surya kita mungkin tidak lazim. Hal ini memberi kita perspektif yang lebih dalam tentang tempat kita di alam semesta,” kata dia lagi.

Sekitar enam miliar tahun dari sekarang, ketika matahari kita mulai kehabisan sumber bahan bakar utamanya, ia akan membengkak menjadi bintang raksasa merah, kemungkinan besar akan menelan planet-planet yang mengorbit di dekatnya.

Namun, studi baru ini meneliti bintang-bintang yang berada di puncak kehidupan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa penyerapan planet tampaknya juga terjadi selama masa normal sistem bintang, mungkin ketika sebuah planet liar terlempar dari bintang induknya dan bertabrakan dengan bintang lain.

“Hasilnya menunjukkan banyak sistem planet mungkin tidak stabil, dengan beberapa planet terlontar secara acak. Namun, meskipun kami menemukan bahwa banyak sistem planet mungkin tidak stabil secara dinamis, tata surya kita, setidaknya dalam skala waktu manusia, lebih dari cukup, jangan khawatir!” kata Ting.

Masih belum pasti apakah bintang-bintang menelan planet-planet, atau menelan bahan-bahan penyusun planet-planet yang tersisa dari lahirnya sistem bintang. Para peneliti mengatakan bahwa keduanya mungkin saja terjadi.