Kamis 28 Jul 2022 08:55 WIB

100 Ribu Kg Sampah Plastik Dipindahkan dari Samudra Pasifik

GPGP diyakini mengandung sekitar 100 juta ton sampah plastik.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
The Ocean Cleanup mengumpulkan 100 ribu kg plastik di The Great Pacific Garbage Patch (GPGP).
Foto: the ocean cleanup
The Ocean Cleanup mengumpulkan 100 ribu kg plastik di The Great Pacific Garbage Patch (GPGP).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi nirlaba The Ocean Cleanup mengumpulkan 100 ribu kg plastik di The Great Pacific Garbage Patch (GPGP). GPGP adalah genangan sampah terbesar di laut yang membentang di Samudra Pasifik.

The Ocean Cleanup sedang meneliti teknologi untuk membantu menghilangkan sampah plastik dari lautan dan menangkapnya di sungai sebelum memasuki badan air yang lebih besar. 

Baca Juga

Target organisasi tersebut adalah GPGP, tumpukan sampah besar di Samudra Pasifik Utara yang diciptakan oleh akumulasi sampah dari Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Asia.

Bagaimana The Ocean Cleanup membersihkan sampah ini?

The Ocean Cleanup membuat "Sistem 001." Ini adalah penghalang mengambang untuk mengumpulkan puing-puing, sebagai bagian dari rencananya untuk membersihkan GPGP. Hambatan tersebut diperlambat oleh jangkar laut dan dievaluasi efektivitasnya pada tahun 2018 setelah didorong oleh gelombang, angin, dan arus.

Jangkar laut ditinggalkan setelah beberapa modifikasi mendukung parasut yang terbawa air, yang dapat memperlambat sistem tetapi meningkatkan kapasitasnya untuk menyerap plastik. Perangkat, yang dikenal sebagai System 002, adalah sistem pembersihan signifikan pertama perusahaan. 

Pada tahun 2021, sistem ini menjalani periode pengujian 12 minggu yang sukses. Sejak saat itu, sistem tersebut ditugaskan untuk mengumpulkan plastik. Organisasi baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menghilangkan 101.353 kg plastik. 

Perangkat tersebut telah menyapu area seukuran Pulau Rhode yang berukuran 3000 kilometer persegi selama 45 perjalanan ekstraksi.

Boyan Slat, founder dan CEO The Ocean CleanUp, mempresentasikan beberapa penemuan menarik dari pemulihan awal perusahaan dalam sebuah posting Instagram. Meskipun ini merupakan pencapaian yang signifikan bagi organisasi, GPGP diyakini mengandung sekitar 100.000.000 ton sampah plastik. 

Jika tidak ada lagi plastik yang masuk ke lautan setelah titik ini, tim harus mencapai 999 lagi dari tonggak sejarah ini sebelum bisa menyelesaikan GPGP.

The Ocean Cleanup memiliki dua strategi untuk mencapai tujuan pengurangan plastik 90 persen di lautan pada batas waktu 2040. Yang pertama adalah pembuatan System 003, sistem pembersihan yang lebih besar dan lebih baik yang dapat mengumpulkan plastik hingga 10 kali lebih banyak, dimana lebih cepat dari Sistem 002. 

Organisasi sedang dalam proses beralih ke Sistem 003, dan akan menggunakan sistem yang baru dibuat sebagai model armada sistem pembersihan yang ingin dibangun di masa depan.

Yang kedua adalah untuk menghentikan orang membuang sampah plastik ke dalam air. Untuk melarang sampah plastik mencapai lautan, organisasi tersebut membuat dan menguji desain pencegat di seluruh sistem sungai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement