Senin 25 Jul 2022 15:00 WIB

Chromebook Bakal Bisa Dijadikan Hotspot Tethering

Fitur baru di Chromebook memungkinkan berbagi koneksi hotspot.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Chromebook.
Foto: theverge.com
Chromebook.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penggunaan ponsel sebagai hotspot seluler untuk mendapatkan akses internet saat berpergian mulai memudar. Banyak Chromebook dan laptop yang dijual dengan dukungan SIM bawaan untuk terhubung ke jaringan yang sama dengan ponsel Anda.

Dengan begitu, laptop Anda dapat memiliki akses asli ke data seluler dan bisa terhubung ke mana saja. Namun, Chromebook yang selalu terhubung memiliki satu kekurangan, yaitu kurangnya kemampuan hotspot. Google melihat kekurangan ini dan akan mengubah ke pembaruan di masa mendatang.

Baca Juga

Menurut laporan dari 9to5Google, Google diketahui sedang bekerja untuk menambahkan sakelar agar memungkinkan pengguna mengaktifkan hotspot tethering. Ini akan muncul sebagai tanda fitur yang dapat Anda mengaktifkan dari chrome://flags, yang memungkinkan Chromebook untuk membagikan koneksi internet selulernya ke perangkat lain melalui WiFi.

Fitur ini akan berfungsi sama seperti di ponsel Android dan pada dasarnya perangkat apa pun dengan kemampuan hotspot. Jika itu masalahnya, Anda dapat mengatur nama jaringan (SSID) dan kata sandi khusus, dan tergantung pada perangkatnya, bahkan Anda dapat mengubah hal-hal seperti pita jaringan 2.4GHz, 5GHz, bahkan mungkin 6GHz atau jika modem Anda memiliki kapasitas itu.

Dikutip Android Police, Senin (25/7/2022), kondisi ini menggambarkan seperti kelalaian di pihak Google untuk tidak memasukkan ini sejak awal, terutama karena fitur tersebut telah ada selama bertahun-tahun di ponsel Android dan di PC. Setelah aktif, ini masih akan berguna untuk beberapa hal, seperti berbagi koneksi Anda dengan teman yang menggunakan laptop Wi-Fi saja atau jika ponsel Anda mencapai batas kuota untuk bulan tersebut. Fitur ini mungkin akan muncul di ChromeOS canary build lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement