Kamis 21 Jul 2022 14:46 WIB

Mengenal Aldebaran, Bintang Merah Mata Banteng di Konstelasi Taurus

Aldebaran sekitar 153 kali lebih terang dari matahari.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Aldebaran di konstelasi taurus
Foto:

 

Kata Aldebaran yang dalam bahasa Arab berarti "pengikut" mengacu pada seorang pemburu yang sedang mengikuti mangsanya, dalam hal ini kemungkinan besar gugus bintang Pleiades. 

Aldebaran adalah bintang tua yang sangat besar. Diameternya berkisar antara 35 hingga 40 kali lebih besar dari matahari kita. Permukaan Aldebaran hampir mencapai orbit Merkurius jika menggantikan matahari kita.

Bintang ini memancarkan cahaya oranye-oranye dari bintang masif K5. Aldebaran sekitar 153 kali lebih terang dari matahari dalam cahaya tampak, meskipun memiliki suhu permukaan yang lebih rendah sekitar sekitar 3.700 derajat C dibandingkan dengan matahari sekitar 5.500 Celcius.

Meskipun Aldebaran terhubung dengan bintang Hyades, jaraknya 65 tahun cahaya lebih dekat dengan kita. Ada 150 tahun cahaya antara kita dan Hyades.

Aldebaran menunjukkan sedikit fluktuasi yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Ia juga menampilkan bintang pendamping katai merah tipe-M jauh 3,5 hari cahaya yang kecil dan redup. 

 

Berbeda dengan cahaya matahari kita, yang membutuhkan waktu 8 menit untuk mencapai Bumi, cahaya dari Aldebaran perlu menempuh perjalanan selama 3,5 hari untuk mencapai pendampingnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement