Selasa 19 Jul 2022 07:05 WIB

Izin Aplikasi tak Lagi Ditampilkan di Google Play

Google mungkin menganggap bahwa daftar keamanan data baru sudah cukup.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Play Store. Ilustrasi
Foto: androidheadlines.com
Google Play Store. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Google Play adalah toko default di sebagian besar perangkat Android. Sebagian besar pengguna Android menggunakan Google Play untuk mengunduh aplikasi dan gim baru, dan memperbaruinya.

Hingga saat ini, Google Play menampilkan izin yang diperlukan aplikasi untuk berfungsi. Dilansir dari Ghacks, Senin (18/7/2022),  saat Anda menjelajahi aplikasi atau gim di Google Play sekarang, Anda mungkin melihat bahwa daftar izin tidak lagi tersedia. Tampaknya Google mungkin menganggap bahwa daftar keamanan data baru sudah cukup bagi pengguna. 

Baca Juga

Penerbit wajib memberikan informasi keamanan data, karena Google mewajibkannya. Terserah penerbit untuk mengisi informasinya. Aplikasi Google Play maupun situs web toko Google Play tidak lagi mencantumkan izin.

Google belum mengungkapkan mengapa memutuskan untuk menghapus opsi untuk melihat izin aplikasi dan gim di toko Android-nya. Ada kemungkinan bahwa Google berpikir bahwa daftar Keamanan Data yang baru sudah cukup. 

Cara menampilkan izin Google Play Store

Pengguna Android memiliki beberapa opsi dalam hal menampilkan izin aplikasi. Salah satu opsi adalah menganalisis file muatan aplikasi sebelum penginstalan, tetapi ini memakan waktu dan tidak terlalu praktis.

Opsi yang lebih baik, yang disorot oleh Mishaal Rahman di Twitter, adalah menggunakan aplikasi open source Aurora Store. Aurora Store tersedia di F-Droid, pasar Android gratis dan berfokus pada privasi.

Aurora Store adalah fronted untuk Google Play, yang berarti menarik data langsung dari Google Store. Tidak seperti Google Play, Aurora Store memberi pengguna informasi penting, termasuk izin yang diminta aplikasi. Aplikasi ini mencantumkan pelacak yang termasuk dalam aplikasi dan gim juga, yang merupakan informasi berguna lainnya.

Klik pada daftar izin aplikasi di Aurora Store menampilkan semua izin yang dimintanya. Perhatikan bahwa Aurora Store belum menampilkan informasi Keamanan Data di antarmuka.

Dengan Aurora Store terinstal di perangkat Android, Anda dapat menggunakannya untuk mencari izin aplikasi atau gim. Apakah Anda menginstalnya dari Google Play atau melalui Aurora Store, terserah Anda.

Penghapusan izin dari Google Play adalah langkah ke arah yang salah. Google masih fokus pada pembatasan informasi dan fungsionalitas untuk menciptakan pengalaman tanpa gesekan namun terbatas bagi penggunanya. Pengguna yang membutuhkan lebih banyak informasi atau opsi perlu mencari di tempat lain sekali lagi untuk mendapatkannya.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement