Ahad 19 Jun 2022 18:04 WIB

Valentina Tereshkova, Wanita Pertama yang Lakukan Perjalanan Luar Angkasa

Tereshkova melakukan perjalanan luar angkasa pada 16 Juni 1963.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Valentina Tereshkova
Foto:

 

Kehidupannya setelah penerbangan luar angkasa yang bersejarah

Terlepas dari kenyataan bahwa Tereshkova tidak kembali ke luar angkasa, dia naik pangkat di Angkatan Udara Soviet untuk menjadi kolonel pada tahun 1976. Dia menerima gelar doktor di bidang teknik penerbangan pada April 1977. 

Dia juga bekerja di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin sebagai guru. Setelah memperoleh pangkat mayor jenderal, ia pensiun dari Angkatan Udara Soviet pada 1997. 

Tereshkova diundang ke rumah Perdana Menteri Vladimir Putin di Novo-Ogaryovo untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70 pada 2007. Ia menyatakan minatnya untuk terbang ke Mars suatu hari nanti, meskipun itu akan menjadi perjalanan satu arah.

“Jika saya punya uang, saya akan menikmati terbang ke Mars. Ini adalah impian para kosmonot pertama. Saya berharap saya bisa menyadarinya! Saya siap untuk terbang tanpa kembali,” katanya.

Sementara Tereshkova tetap antusias dengan perjalanan ruang angkasa untuk kosmonot, dia menyatakan ketidaksetujuannya terhadap turis luar angkasa pada tahun 2013, pada peringatan 50 tahun perjalanan luar angkasanya. 

Dilansir dari The Guardian, pada 2017 dia memberi tahu bahwa khawatir tentang kemungkinan asteroid bertabrakan dengan Bumi.

“Orang tidak boleh membuang-buang uang untuk perang. Tetapi berkumpullah untuk membahas bagaimana mempertahankan dunia dari ancaman seperti asteroid yang datang dari luar angkasa,” katanya.

Pelayaran penting Tereshkova ke luar angkasa pada tahun 1963 mengukuhkan warisannya sebagai wanita pertama di luar angkasa. Pada tahun-tahun berikutnya, dia membuka jalan bagi kosmonot dan astronot wanita masa depan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement