Ahad 19 Jun 2022 18:04 WIB

Valentina Tereshkova, Wanita Pertama yang Lakukan Perjalanan Luar Angkasa

Tereshkova melakukan perjalanan luar angkasa pada 16 Juni 1963.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Valentina Tereshkova
Foto: esa
Valentina Tereshkova

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Valentina Tereshkova, wanita pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Dia diluncurkan ke luar angkasa sendirian di atas pesawat ruang angkasa Soviet Vostok 6 pada 16 Juni 1963, dengan nama panggilan radio Chaika (Seagull).

Dia menjadi wanita pertama dan termuda di luar angkasa di Bumi.  Dia berada di luar angkasa selama sekitar 71 jam, mengorbit Bumi 48 kali. Tereshkova melakukan penelitian untuk mendapatkan data tentang bagaimana tubuhnya merespons menjadi tanpa bobot sebagai bagian dari misinya.

Baca Juga

Dia menyimpan catatan terbang yang terperinci pada saat yang bersamaan. Data yang diambilnya kemudian dibandingkan dengan reaksi rekan kosmonot laki-laki. Dia juga mengambil foto Bumi dari luar angkasa, yang digunakan untuk mendeteksi berbagai lapisan aerosol di atmosfer.

Misi Tereshkova membutuhkan waktu dua hari, 23 jam, dan 12 menit untuk menyelesaikan tugas tersebut. Penerbangan Tereshkova dipuji sebagai momen penting bagi wanita. Terlepas dari kenyataan bahwa Svetlana Savitskaya, kosmonot wanita berikutnya, tidak terbang sampai tahun 1982.

Pada tanggal 18 Juni 1983, Sally Ride, astronot wanita pertama Amerika Serikat, diluncurkan ke luar angkasa 20 tahun setelah Tereshkova.

Masa kecil Valentina dan seleksi akhirnya sebagai kosmonot

Valentina Tereshkova lahir di kota Rusia Bolshoye Maslennikovo, dekat Yaroslavl, pada 6 Maret 1937. Dia bekerja di pabrik tekstil sebelum terpilih menjadi kosmonot.

Tereshkova terpilih sebagai salah satu dari lima wanita, dari lebih 400 kandidat. Tatyana Kuznetsova, Irina Solovyova, Zhanna Yorkina, dan Valentina Ponomaryova adalah yang lainnya. Setelah itu, mereka semua berlatih selama beberapa bulan.  Penerbangan tanpa bobot, tes isolasi, tes centrifuge, 120 lompatan parasut, dan pelatihan pilot pesawat jet semuanya merupakan bagian dari program.

Tereshkova rencananya diluncurkan ke orbit dengan roket Vostok 5, diikuti oleh Ponomaryova dengan Vostok 6. Namun pada Maret 1963, ini berubah. Pada 16 Juni 1963, seorang kosmonot laki-laki, Valery Bykovsky, terbang di Vostok 5 bersamaan dengan Tereshkova. Penerbangannya dipuji, dan citranya ditayangkan di seluruh Uni Soviet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement