Sabtu 28 May 2022 18:53 WIB

Pengisian Daya Kabel 100W vs Nirkabel 100W: Mana yang Lebih Cepat?

Selisih pengisian kabel dan nirkabel sangat kecil.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Charger ponsel. Ilustrasi
Foto:

 

Baik teknologi pengisian kabel maupun nirkabel Honor tidak mempertahankan tingkat daya mendekati 100W untuk waktu yang lama. Kurang dari 30 detik dari siklus pengisian daya yang membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menyelesaikannya.

Namun, pengisian data dengan kabel mampu mempertahankan daya sekitar 60W selama beberapa menit lagi, memberikan handset dorongan dalam siklus pengisian awal. Ponsel ini juga berjalan jauh lebih panas saat mengisi daya secara nirkabel. Suhu baterai mencapai puncaknya pada 42,2 derajat Celcius versus 36,0 derajat Celcius dengan pengisian daya kabel.

Bagaimana pengisian kabel mengalahkan pengisian nirkabel?

Jadi, pengisian daya kabel lebih unggul meski selisihnya tipis. Namun, data Android Authority menunjukkan bahwa kabel masih menang meskipun daya yang ditransmisikan melalui kabel lebih sedikit.

Pengisian kabel mencapai puncaknya sekitar 92W sementara pengisian nirkabel mencapai 110W, meskipun suhu awal yang sama. Demikian pula, pengisian daya kabel menghabiskan sebagian besar waktunya di sekitar 41W, sementara pengisian nirkabel mendekati 44W, namun masih lebih lambat untuk mengisi daya secara keseluruhan. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ini semua adalah perilaku yang diharapkan, karena ini adalah tempat Anda menguji penarikan daya. Android Authority menguji daya yang melewati kabel pengisi daya, yang akan sedikit lebih kecil dari daya yang diambil dari dinding, dan dalam hal pengisian daya nirkabel, sedikit lebih tinggi dari daya yang sebenarnya mencapai telepon.

Mengisi ponsel besar dan relatif berat tidak 100 persen—ada beberapa kerugian karena tegangan dan arus diubah dari listrik. Dalam hal ini, steker Honor mungkin menarik lebih dari 100W dari dinding tetapi hanya 92W yang mencapai kabel.

Dalam hal pengisian daya nirkabel, pengaturan Honor mengharuskan Anda menggunakan daya 135W, memungkinkan lebih dari 100W untuk mencapai dudukan pengisian daya nirkabel. Namun, tingkat daya yang mencapai telepon akan sedikit lebih rendah.

Ada kerugian lebih lanjut saat mentransmisikan daya secara nirkabel, karena sambungan antara cincin induksi, panas, dan kehilangan transmisi melalui udara. Di mana saja sekitar 20 persen kehilangan daya nirkabel akan cukup normal.

Untuk membuktikannya, Android Authority juga telah menghitung beberapa angka perkiraan untuk tingkat daya yang diterima oleh baterai saat mengisi daya. 

Untuk pengisian nirkabel, tingkat daya yang dilaporkan pada baterai rata-rata sekitar 24 persen lebih rendah daripada yang tercatat di pad. Itu berarti bahwa meskipun pada mungkin menarik 110W, baterai hanya melihat 85W pada puncaknya. Demikian juga, tingkat daya pad biasa sekitar 44W akan menghasilkan kira-kira hanya 33W yang masuk ke baterai.

Sebagai perbandingan, Android Authority menghitung hanya kerugian rata-rata empat persen antara port pengisian USB-C dan baterai ponsel. Jadi 88W dari daya kabel puncak 92W itu berhasil sampai ke baterai dan cell menerima sekitar 39W untuk sebagian besar waktu pengisiannya, sedikit lebih tinggi daripada tingkat daya yang dilihat baterai saat pengisian nirkabel. Ini membantu menjelaskan mengapa pengisian nirkabel sedikit lebih lambat daripada yang setara dengan kabel.

Meskipun pengisian daya dengan kabel memenangkan perlombaan Android Authority, Android Authority hanya mencatat satu atau dua menit antara tonggak pencapaian penting dan bahkan pengisian penuh. Pengisian nirkabel cepat hampir sama baiknya dengan pengisian kabel, terutama pada tingkat daya tinggi ini.

 

Pertukaran sebenarnya bukanlah kecepatan tetapi panas, yang, seperti yang kita ketahui, tidak bagus untuk umur panjang komponen ponsel cerdas internal, oleh karena itu penyertaan kipas pendingin dalam pengisian daya nirkabel berdaya tinggi berdiri seperti model 100W Honor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement