Senin 02 May 2022 14:40 WIB

Batuan Mars Aneh Ini Tunjukkan Letusan Gunung Berapi yang Sangat Dahsyat

Batuan dasar kaya olivin yang sama juga ditemukan di Kawah Gusev.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Foto batu karang di Mars yang kebetulan membentuk panorama seperti seorang wanita. Batuan Mars Aneh Ini Tunjukkan Letusan Gunung Berapi yang Sangat Dahsyat
Foto: nasa
Foto batu karang di Mars yang kebetulan membentuk panorama seperti seorang wanita. Batuan Mars Aneh Ini Tunjukkan Letusan Gunung Berapi yang Sangat Dahsyat

REPUBLIKA.CO.ID, ARIZONA -- Jenis batuan yang tidak biasa ditemukan oleh dua penjelajah (rover) planet Mars. Batuan tersebut mungkin menunjukkan lanskap Mars dibentuk oleh letusan gunung berapi yang sangat dahsyat.

Wilayah Nili Fossae di Mars, yang mencakup Kawah Jezero yang sedang dijelajahi oleh penjelajah Perseverance Badan Antariksa Amerika (NASA), dipenuhi dengan batuan dasar yang sarat dengan olivin mineral vulkanik. Batuan dasar kaya olivin yang sama juga ditemukan di Kawah Gusev di mana penjelajah Spirit NASA berkeliaran sampai kematiannya pada 2010.

Baca Juga

Tetapi hubungan antara wilayah itu tidak dibuat sampai sekarang, oleh tim yang dipimpin ahli geologi planet Steve Ruff dari Arizona State University. Para peneliti memeriksa data dari beberapa penjelajah Mars untuk mengonfirmasi kesamaan geologis, yang menunjukkan bahwa batuan lokal mungkin terbentuk oleh proses serupa. Kemudian para ilmuwan membandingkan gambar Spirit tentang batuan Kawah Gusev dengan gambar batuan Bumi.

“Itu adalah momen eureka. Saya melihat tekstur yang sama di bebatuan kawah Gusev seperti yang ada di jenis batuan vulkanik yang sangat spesifik yang ditemukan di Bumi,” kata Ruff dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space, Senin (2/5/2022).

Batuan itu adalah ignimbrite, yang terbentuk dari abu, batu apung, dan aliran piroklastik dari letusan gunung berapi yang kuat. “Tidak ada yang sebelumnya menyarankan ignimbrit sebagai penjelasan untuk batuan dasar yang kata olivin di Mars. Dan ada kemungkinan bahwa ini adalah jenis batu yang telah digerakkan oleh penjelajah Perseverance dan diambil sampelnya selama setahun terakhir,” kata Ruff. 

Meskipun para peneliti telah lama berteori bahwa vulkanisme bertanggung jawab untuk menghasilkan Nili Fossae -olivin, bagaimana pun juga, adalah mineral vulkanik-identifikasi ignimbrit, jika terbukti akurat, akan menunjukkan bahwa letusan itu lebih dahsyat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

“Bayangkan awan gas panas yang menyelimuti tanah dan abu yang hampir cair dan batu apung mengalir melalui lanskap sejauh puluhan mil dan menumpuk berlapis-lapis hingga ratusan kaki hanya dalam beberapa hari,” kata Ruff tentang letusan yang telah menghasilkan jenis batuan ini di Bumi.

Untuk mengonfirmasi keberadaan ignimbrite di Mars, para ilmuwan mengatakan mereka harus mempelajari bebatuan di argumen laboratorium terestrial lain untuk misi Mars Sample Return yang direncanakan untuk mengangkut sampel Perseverance kembali ke Bumi.

https://www.space.com/mars-rock-violent-volcanic-eruption-ignimbrite

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement