Kamis 28 Apr 2022 07:46 WIB

Ilmuwan Sebut Ada Kemiripan Greenland dan Bulan Jupiter, Berpotensi Kehidupan?

Mekanisme yang ada di Greenland mungkin juga terjadi di Europa

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Planet Jupiter dan bulannya Europa
Foto:

Analog terestrial

Di Bumi, para peneliti menggunakan instrumen geofisika udara untuk mempelajari daerah kutub. Hal ini agar ilmuwan bisa lebih memahami bagaimana ekspansi dan mundurnya lapisan es mempengaruhi kenaikan permukaan laut. 

Sebagian besar area penelitian berada di darat, di mana pergerakan lapisan es dipengaruhi oleh hidrologi kompleks (seperti danau subglasial yang dinamis, kolam pencairan permukaan, dan saluran drainase musiman), yang menambah ketidakpastian dalam proyeksi permukaan laut.

Karena permukaan dasar daratan sangat berbeda dari lautan air cair di bawah permukaan Europa, rekan penulis studi terkejut ketika mereka memperhatikan bahwa formasi yang menggores bulan es tampak sangat mirip dengan fitur kecil di permukaan lapisan es Greenland.

"Kami sedang mengerjakan sesuatu yang sama sekali berbeda terkait dengan perubahan iklim dan dampaknya pada permukaan Greenland ketika kami melihat pegunungan ganda kecil ini dan kami dapat melihat punggungan berubah dari 'tidak terbentuk' menjadi 'terbentuk'," kata Schroeder .

Mereka menemukan bahwa puncak berbentuk "M" yang dikenal sebagai punggungan ganda di Greenland bisa menjadi replika kecil dari fitur Europa yang paling terlihat setelah penyelidikan tambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement