Jumat 06 May 2022 19:52 WIB

Cara Kita Cuci Baju Pengaruhi Polusi Udara Lho

Pelembut pakaian dan filter serat lebih kecil bisa mengurangi polusi dari pencucian.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Mencuci Baju
Foto:

 

Pelembut kain dan lembaran pengering, terutama bila digunakan secara bersamaan, dapat membantu mengurangi polusi serat mikro dari mesin pengering. Para peneliti menemukan bahwa menambahkan pelembut kain ke mesin cuci tidak mengurangi pelepasan serat mikro selama mencuci (berlawanan dengan penelitian sebelumnya).

Hal itu mengurangi serat mikro yang terlepas ke udara selama siklus pengeringan hingga 14,2 persen di Eropa dan 21,6 persen di Amerika. Efektivitas pelembut kain anti kerut jauh lebih baik, menurunkan pelepasan serat mikro dari lubang pengering sebesar 17,6-35,6 persen tergantung pada dosisnya.  

Sementara itu, lembaran pengering mengurangi pelepasan serat mikro sebesar 14,1-34,9 persen. Serat mikro di ventilasi pengering berkurang 44,9 persen menggunakan kombinasi pelembut kain anti kerut dalam siklus pencucian dan lembaran pengering.

Pelembut kain tampaknya berfungsi dengan meningkatkan penumpukan serat mikro pada filter serat, sementara lembaran pengering tampaknya bekerja dengan menjebak serat mikro itu sendiri.

Peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan ventilasi serat pengering dengan jaring yang lebih kecil dan mendorong peralihan dari mesin pengering ke pengering kondensor, yang tidak mengeluarkan udara ke udara. Dua rekomendasi itu adalah pendekatan lebih lanjut untuk membatasi emisi serat mikro dari pengering pakaian. 

 

"Sangat sedikit serat yang akan terlepas jika semua pengering dilengkapi dengan perangkat penyaringan superior, seperti pemisah siklon yang ditemukan di penyedot debu modern," kata Lant.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement