Selasa 03 May 2022 02:30 WIB

Layanan Cloud yang Salah Urus Membuat Data Pengguna Berisiko

Cloud memungkinkan bisnis menyewa server seperti menyewa kantor.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi cloud atau komputasi awan
Foto:

 

Mengapa itu penting?

Pengguna ponsel cerdas berbagi data pribadi dengan bisnis melalui aplikasi yang mereka instal. Dalam survei baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa setengah dari pengguna smartphone merasa nyaman berbagi lokasi mereka melalui aplikasi smartphone. Namun, informasi pribadi yang dibagikan pengguna melalui aplikasi ini dapat digunakan untuk mencuri identitas mereka atau merusak reputasi mereka.

Data pribadi telah mengalami peningkatan regulasi dalam beberapa tahun terakhir, dan pengguna mungkin puas mempercayai bisnis yang berinteraksi dengan mereka untuk mengikuti peraturan tersebut dan menghormati privasi mereka. Tetapi peraturan ini mungkin tidak cukup melindungi pengguna.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa bahkan ketika perusahaan bermaksud menggunakan data secara bertanggung jawab, praktik keamanan yang buruk dapat membuat data tersebut diperebutkan,” tulis Pauley.

 

Pengguna harus tahu bahwa ketika mereka membagikan data pribadi atau data perorangan mereka dengan perusahaan, mereka juga terpapar pada praktik keamanan perusahaan tersebut. Mereka dapat mengambil langkah-langkah mengurangi paparan ini dengan mengurangi berapa banyak data yang mereka bagikan dan dengan berapa banyak organisasi yang mereka bagikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement