Kamis 31 Mar 2022 15:15 WIB

10 Ilmuwan Perempuan yang Temuannya Mengubah Dunia

Banyak sekali penemuan dari para wanita hebat yang benar-benar mengubah dunia.

Rep: mgrol136/Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Marie Curie
Foto:

Mary Anderson, 1866-1953 

Pelopor lain dalam inovasi otomotif adalah Mary Anderson yang datang dengan penyapu kaca mobil. Patennya tahun 1903 merupakan perangkat yang dapat dioperasikan pengemudi di dalam kendaraan, yaitu sebuah tuas yang menyebabkan lengan pegas dengan bilah karet berayun melintasi kaca depan.

Sebelum ditemukan penyapu kaca mobil, pengemudi secara manual menghilangkan hujan dari kaca depan. Berkat inovasi Anderson, pengemudi sekarang dapat berkendara saat hujan atau salju.

Gertrude Belle Elion, 1918-1999 

Gertrude Belle Elion bersama dengan George H. Hitchings mendapatkan paten setelah melakukan sinstesis senyawa yang membantu pengobatan leukimia. Senyawa itu adalah  2 -amino-6-mercaptopurine.

Menurut paten, senyawa aktif bisa menghambat bakteri asam laktat. Senyawa alam ini juga berharga untuk aktivitas anti leukemia mereka dan dalam mengobati bentuk lain dari pertumbuhan neoplastik.

Elion juga anggota tim yang mengembangkan obat lainnya, termasuk allopurinol, untuk pengobatan asam urat, dan asiklovir, yang telah digunakan untuk membantu meredakan infeksi herpes. Elion menerima Hadiah Nobel pada tahun 1988, bersama dengan George Hitchings dan Sir James Black, dan dilantik ke dalam National Inventors Hall of Fame pada tahun 1991.

Dr. Ann Tsukamoto, 1952-sekarang (penemu sel punca)

Dr. Tsukamoto adalah seorang penemu dan peneliti sel induk yang memegang banyak paten di bidangnya. Menemukan cara untuk mengisolasi sel punca adalah salah satu terobosannya yang paling signifikan. Studi Dr. Tsukamoto dalam mikrobiologi dan imunologi telah membantu dalam penelitian kanker serta penemuan pengobatan untuk berbagai penyakit medis lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement